EmitenNews.com - IHSG pada perdagangan Selasa 8 Maret 2022 ditutup melemah 0,8% di level 6814. Saham sektor teknologi mengalami koreksi terbesar, sedangkan saham sektor properti membukukan kenaikan terbesar. Investor asing net buy Rp610,26 miliar.


Waterfront Sekuritas memperkirakan pada perdagangan hari ini IHSG bergerak di kisaran support 6750/6698 dan resistance 6870/6930. Saham yang direkomendasikan adalah ASII, TLKM, ANTM, BBTN, dan TBIG.


Indeks di bursa Wall Street semalam ditutup melemah akibat masih berlangsungnya ketegangan politik antara Rusia-Ukraina dan beserta dampak dari pemberlakuan sanksi oleh AS terhadap Rusia termasuk kenaikan harga komoditas.


Kenaikan harga minyak mentah, gas serta logam seperti nikel dan paladium, menimbulkan kekhawatiran akan perlambatan ekonomi global di tengah tingginya inflasi. Harga minyak mentah kembali menguat setelah AS menyatakan akan melarang impor minyak dari Rusia.


Kenaikan harga minyak mentah juga mendorong kenaikan harga energi alternatif lainnya. Harga nikel juga sempat menyentuh rekor tertinggi baru di atas level USD 100 ribu/metrik ton. Yield US-Treasury dengan tenor 10 tahun mengalami kenaikan tajam sekitar level 1,85%, akibat meningkatnya kekhawatiran akan inflasi tinggi.(fj)