EmitenNews.com -IHSG berhasil diperdagangkan mix perdagangan kemarin atau penutupan pada jumat akhir pekan lau namun berhasil perlahan menguat di akhir sesi dan ditutup menguat ke level 6880.80 (+0.24%). IHSG masih mencari arah setelah minggu sebelumnya mengalami kenaikan serta para investor mulai berfokus pada rilis kinerja perusahaan, sementara beberapa sector menunjukan rebound yaitu batu bara, semen dan konsumen. 


Beberapa sektor yang mengalami penguatan pada perdagangan kemarin diantaranya sector transportasi dan logistic  (+1.49%), sector Kesehatan (+1.29%) dan sector consumer non-cyclicals (+1.01%). Investor asing tercatat membukukan net sell di pasar regular sebesar Rp181.61 miliar dengan saham-saham yang paling banyak dijual oleh investor asing diantaranya adalah ASII, BBCA, dan ADRO.


Secara teknikal, IHSG masih melanjutkan trend rebound dan ditutup diatas MA5 dengan resistance selanjutnya berada di 6960, sementara indicator stochastic Kembali membentuk golden cross. Beberapa saham yang memiliki potensi naik untuk perdagangan hari ini yaitu: ELSA, AALI, TOWR, MEDC, HMSP, DOID, BFIN, MIDI, kata Lukman Analis Reliance Sekuritas dalam risetnya, Senin (24/7/2023).


Sementara itu dari bursa AS, ketiga indeks utama ditutup bervariatif dimana hanya Nasdaq yang ditutup melemah 0.22% sementara DJIA melanjutkan relinya ke yang 10x berturut, ditengah perkiraan dari pelaku pasar dimana The Fed yang diperkirakan akan kembali menaikan suku bunga pada pekan ini meskipun inflasi yang berhasil di tekan.


Dari bursa Asia, pada pagi ini telah diperdagangkan di zona hijau, saat laporan ini ditulis indeks Nikkei 225 menguat (+1.04%), diikuti index Kospi menguat (+0.34%). Pagi ini dari Jepang, rilis data PMI  dari Jibun Bank dimana PMI manufacturing dan Service yang mengalami penuruan tipis.


Kemudian dari dalam negeri, IHSG kami perkirakan akan berpotensi diperdagangkan cendrung menguat namun akan masih tertahan mengekor bursa regional yang cendrung positif namun para pelak pasar akan menunggu interest rate decision dari BI pada selasa besok yang di perkirakan tetap du 5.75%, selain itu pasar akan menanti rilis data laporan keuangan emiten untuk buku 2Q23. Kami perkirakan IHSG akan bergerak pada rentang  6840 – 6920.