EmitenNews.com - Dalam rangka menjaga pertumbuhan ekonomi nasional, Bank Indonesia bersama Pemerintah senantiasa bahu membahu dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, salah satunya sektor modest fashion (gaya berbusana santun).


Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Koperasi dan UKM, dan KBRI Paris mendukung Indonesia Internasional Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) yang diselenggarakan Indonesia Fashion Chamber (IFC) pada 2 September 2023 di ajang Paris Front Row dengan tema Weaving Sustainability into Modest Fashion with Wastra Indonesia.


IN2MOTIONFEST dicanangkan pertama kali sebagai ajang modest fashion terbesar nasional dan visinya menjadi rujukan dunia pada Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9 tahun 2022. Hadirnya IN2MOTIONFEST dalam ajang Paris Front Row merupakan upaya untuk mewujudkannya sebagai ajang berkelas dunia.


Selanjutnya IN2MOTIONFEST akan dihadirkan dalam berbagai ajang fesyen dunia dan menjadi bagian utama dalam ISEF ke-10 pada 25-29 Oktober di Jakarta. IN2MOTIONFEST di Paris, mengintegrasikan fashion show dan pameran dagang dalam format business to business (B2B) dan business to customer (B2C) guna memperkuat positioning dan jangkauannya di pasar global.


Pada kesempatan ini, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung menekankan IN2MOTIONFEST tidak hanya menampilkan kekayaan produk modest fashion Indonesia, namun juga gaya hidup halal Indonesia ke pasar global, khususnya di bidang modest fashion yang bertujuan untuk mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai hub industri halal global.


Upaya sinergi ini diharapkan akan membuka akses global, mengoptimalkan potensi Indonesia yang besar untuk menjadi produsen produk halal, dan memperkuat perannya sebagai pelaku usaha global. Indonesia kini berdiri sebagai pemimpin global dalam industri halal, menawarkan beragam produk dan layanan halal, dan modest fashion juga telah berkembang menjadi salah satu bidang utama di Indonesia.


Afirmasi tersebut didukung laporan State Global Islamic Economy Report 2022 yang menunjukkan Indonesia berada di peringkat ke-3 setelah Uni Emirat Arab dan Turki dalam sektor modest fashion. Untuk itu, industri modest fashion sebagai salah satu sektor utama dalam industri halal dengan potensi yang melimpah perlu dikembangkan lebih lanjut.


Mendukung hal tersebut, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Prancis, Mohamad Oemar menyampaikan Indonesia sebagai negara berpopulasi muslim terbesar di dunia berkomitmen untuk menjadi pusat modest fashion dunia. Sinergi bersama Bank Indonesia, Kemenkop UKM, IFC serta seluruh penggiat mode Indonesia akan mengangkat kehadiran IN2MOTIONFEST semakin berkibar di panggung mode dunia.


Selain keunggulan wastra Indonesia yang kaya inspirasi, kontribusi generasi muda dalam pengembangan industri fesyen dan ekonomi kreatif berdampak besar dalam menumbuhkan kreatifitas, inovasi, dan keberlanjutan modest fashion Indonesia.


Salah satu aspek utama lainnya dari IN2MOTIONFEST adalah inklusivitasnya, di mana acara ini menjadi pemersatu bahwa fashion adalah bahasa universal yang dapat menjembatani dan mendorong pengembangan kerjasama ekonomi dan keuangan global yang lebih luas.


Potensi pasar modest fashion tidak hanya diakui oleh negara-negara mayoritas muslim tetapi juga oleh berbagai negara lainnya seperti Tiongkok, Singapura, Jepang, dan juga di Eropa. Permintaan produk halal yang menjanjikan di kalangan komunitas muslim di sektor fesyen telah menjadi katalis besar bagi munculnya tren modest fashion di seluruh dunia.


IN2MOTIONFEST di Paris menghadirkan koleksi Spring-Summer 2024 dari 8 desainer Indonesia yaitu Syukriah Rusydi, Sanet Sabintang, Wening Angga, Thiffa Qaisty, Khanaan, Kami dan Anggia Handmade, serta kreasi dari desainer berpengalaman Itang Yunasz. Keseluruhan karya mengangkat keanekaragaman tekstil Indonesia, seperti batik, songket, tenun ikat, dan kain tenun tradisional, termasuk mengangkat penggunaan bahan secara optimal (upcycling) dan kombinasi kain tekstil motif wastra Indonesia.


Seluruh rangkaian kegiatan IN2MOTIONFEST tahun 2023 difokuskan untuk mendorong peningkatan investasi dan perdagangan sektor modest fashion yang mendukung pemulihan ekonomi melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Sejak awal tahun 2023 IN2MOTIONFEST telah terselenggara di beberapa kota besar dunia yaitu Dubai, Daegu, Pretoria, dan Paris guna memperkuat eksistensi modest fashion Indonesia di kancah global.(*)