EmitenNews.com - IHSG pada perdagangan Jumat 27 Mei 2022 ditutup menguat 2,07% ke level 7026. Saham sektor transportasi membukukan kenaikan terbesar, sedangkan saham sektor kesehatan menjadi satusatunya sektor yang melemah. Investor asing net buy Rp1,370 triliun.


Pada perdagangan hari ini menurut perkiraan Waterfront Sekuritas IHSG akan bergerak pada kisaran support 6960/6920 dan resistance 7100/7150. Saham yang diunggulkan adalah BBRI, BBNI, BBCA, TLKM, EXCL, ASII, HRUM, dan ARTO.


Indeks di bursa Wall Street pada akhir pekan lalu ditutup menguat, sehingga ketiga indeks utama membukukan kenaikan mingguan terbaik sejak November 2020.


Setelah mengalami pelemahan mingguan berkepanjangan, akhirnya indeks selama sepekan lalu ditutup menguat. Indeks Dow Jones menguat +6,2%, indeks S&P500 +6,5% dan Nasdaq Composite +6,8%.


"Sentimen positif antara lain berasal dari beberapa laporan keuangan perusahaan yang bagus, turunnya yield US-Treasury serta mulai melambatnya data inflasi yang merupakan indikator bagi The Fed," kata analis Waterfront Sekuritas, Ratna Lim.


Indeks PCE prices inti bulan April tercatat sebesar 4,9% yoy, turun dari bulan sebelumnya yang sebesar 5,2% yoy. "Data ini menguatkan harapan bahwa inflasi AS telah mencapai level tertingginya dan berpotensi akan menurun," tambahnya.


Pada pekan ini pasar akan mencermati data ekonomi, diantaranya indeks harga rumah, consumer confidence, ADP Employment change, ISM Manufacturing index, nonfarm payrolls, unemployment rate dan indeks ISM non manufacturing.