EmitenNews.com—Di tengah naiknya tren investasi berkelanjutan, PT Insight Investments Management (INSIGHT) selaku satu-satunya Manajer Investasi yang keseluruhan produk reksa dananya memiliki kontribusi sosial, turut mengambil peran dalam membangun awareness terhadap Investasi berkelanjutan.


Direktur PT Insight Investments Management (INSIGHT), Ria Meristika Warganda atau yang akrab disapa Ria dalam welcoming speech-nya menyebutkan bahwa sejalan dengan tagline Insight yaitu Transforming Investments Into Social Impact, INSIGHT tidak hanya sebatas mengedukasi masyarakat akan pentingnya mengetahui strategi berinvestasi agar bisa mencapai tujuan keuangan yang diharapkan, namun juga sudah seharusnya membangun dan menyebarkan semangat investasi kekinian yang lebih peduli dengan lingkungan dan sosial. 

 

“Dengan diadakannya talkshow investasi ini, juga kemudian dengan peran aktif para influencer dan rekan-rekan media, kami berharap awareness publik terkait tren investasi bertema sosial dan lingkungan bisa terus meningkat.” Ujar Ria. 

 

Sementara itu, Camar Remoa selaku Chief Investment Officer INSIGHT yang menjadi salah satu narasumber dalam talkshow menjelaskan bahwa meningkatnya kepekaan publik terhadap isu-isu sosial dan lingkungan menjadi alasan mengapa tren investasi berbasis Environmental, Social, Govemance (ESG) turut mengalami peningkatan. Menurutnya, kepekaan publik ini harus dibarengi dengan upaya edukasi kepada para investor maupun calon investor terkait langkah bijak dalam bagaimana memilih instrumen investasi yang tidak hanya fokus pada keuntungan tapi juga punya kontribusi positif terhadap lingkungan. 

 

“Sejalan dengan tagline Insight yaitu Transforming Investments Into Social Impact, INSIGHT telah menghadirkan dua produk reksa dana yang sejalan dengan prinsip ESG, yakni Reksa Dana Indeks Saham Insight SRI-Kehati Likuid dan Reksa Dana Pendapatan Tetap Insight Renewable Energy Fund yang mempunyai fitur pembagian dividen di setiap bulannya.Tidak hanya punya kinerja historikal yang baik, dua produk ini berkontribusi terhadap isu lingkungan melalui program CSR yakni pelestarian keanekaragaman hayati serta Energi Baru dan Terbarukan (EBT)." Jelasnya. 

 

Daiam sesi talkshow juga turut hadir Direktur Utama FUNDtastic Harry Hartono, sebagai informasi FUNDtastic merupakan salah satu agen penjual produk Reksa Dana Insight. Dalam sesinya, Harry menjelaskan bahwa reksa dana menjadi salah satu alternatif investasi yang kian diminati oleh para investor. 

 

“Dengan mengadopsi metode pasif investment FUNDtastic menyediakan strategi investasi ke reksa dana, emas dan SBN agar dapat menghindarkan masyarakat Indonesia darj kegagalan berinvestasi. Berdasarkan trend, dengan konsisten menabung rutin ini, tingkat keberhasilan investasi mendekati 1005 dalam kurun waktu 30 tahun. Di FUNDtastic nasabah dapat menikmati konsistensi menabung rutin reksa dana dengan fitur auto DCA, dimulai dari nominal Rp50.000 (lima puluh ribu rupiah). Sehingga bagi investor yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka, uangnya bisa tetap bekerja, meskipun sedang fokus berkarir, bisnis, maupun saat tidur.” Tutunya 

 

Direktur Keuangan dan Administrasi Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) Indra Gunawan Dian Putra yang turut hadir sebagai narasumber dalam talkshow ini, menyebutkan bahwa Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) turut mendorong masyarakat untuk berinvestasi pada perusahaan yang sudah menerapkan prinsip Environment, Social, Governance (ESG) dalam menjalankan usahanya. Dengan meluncurkan indeks saham ESG, KEHATI memberikan jalan bagi investor untuk memilih perusahaan yang ramah terhadap lingkungan dan sosial masyarakat. Hal ini juga sejalan dengan maraknya animo investor terhadap produk investasi berorientasi ESG, terlihat dari meningkat pesatnya dana kelolaan reksa dana berbasis indeks SRI-KEHATI yang diluncurkan oleh berbagai Manajer Investasi, yang dalam 5 tahun terakhir jumlahnya melonjak 10 kali lipat menjadi sekitar Rp 2.5 triliun per akhir November 2022. 

 

Selain SRI-KEHATI sebagai indeks ESG pertama di Indonesia yang diluncurkan KEHATI bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Juni 2009, pada 20 Desember 2021 lalu KEHATI bersama BEI kembali meluncurkan dua indeks saham baru berbasis ESG, yaitu ESG Sector Leaders IDX KEHATI dan ESG @uality 45 IDX KEHATI.