EmitenNews.com - Insight Investments Management (Insight Investments) kembali mendapat apresiasi atas kinerja beberapa produk reksa dana kelolaan dalam ajang Best Mutual Fund Awards 2024. Agenda bergengsi garapan Infovesta Utama (Infovesta) itu, hasil kerja sama dengan Investortrust.id.

Ajang itu, merupakan penganugerahan untuk mengapresiasi perusahaan Manajer Investasi dengan produk-produk reksa dana terbaik berdasar pemeringkatan, dan penilaian Infovesta. Direktur Insight Investments Ria M. Warganda mengapresiasi Infovesta, Investortrust.id, dan seluruh investor Insight Investments telah setia berinvestasi pada Insight Investments.

“Produk Reksa Dana Pasar Uang Insight Money mendapatkan 2 penghargaan, Produk Reksa Dana Pendapatan Tetap Insight Renewable Energy Fund 3 penghargaan, Produk Reksa Dana Campuran Insight Plan dan Insight Tunas Bangsa masing-masing 1 penghargaan. Tujuh penghargaan ini kami dedikasikan kepada para investor telah setia mempercayakan investasi kepada Insight Investments selama ini,” ungkap Ria.

“Tidak lupa, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Infovesta Utama dan Investortrust.id atas apresiasinya. Dengan penghargaan ini tentu akan lebih membantu investor dalam memilih produk investasi yang terbukti memiliki kinerja unggul,” imbuhnya.

Adapun pemeringkatan reksa dana Best Mutual Fund Awards 2024 dilakukan berdasar beberapa kriteria penilaian. Kategori jenis reksa dana Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran, dan Saham, terdapat 4 bobot penilaian. Di antaranya Annual Growth Rate, Risk Adjusted Return, Modified Sharpe Ratio, Downside Risk, dan UP Growth. Sementara kategori ETF dan Indeks dinilai dari bobot Tracking Error, dan UP Growth. 

Antusiasme investasi reksa dana kalangan anak muda baik generasi Milenial maupun Gen Z kian tinggi dibanding kalangan lain. Berdasar data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per September 2023 menunjukkan investor pasar modal Indonesia didominasi Generasi Z, dan Milenial dengan usia 30 tahun ke bawah, dan 31-40 tahun dengan jumlah mencapai lebih dari 80 persen.

Chief Investment Officer Insight Investments Camar Remoa melihat fenomena itu sejalan dengan tren pengelolaan aset saat ini. Salah satunya yakni integrasi kepedulian terhadap Environmental, Social and Governance (ESG), dan keberlanjutan. 

“Antusiasme investasi reksa dana Generasi Z dan Milenial kian meningkat. Itu bersamaan dengan tren integrasi ESG, dan keberlanjutan nampak terus mendominasi, membuat kami meyakini produk reksa dana berbasis ESG di masa mendatang tetap menjadi salah satu produk favorit bagi para investor, terutama generasi muda,” jelas Camar.

Menjawab tren ini, Camar menyampaikan Insight Investments juga memiliki produk reksa dana unggulan memiliki kontribusi terhadap lingkungan, khususnya Energi Baru Terbarukan (EBT), yakni Insight Renewable Energy Fund. Dengan memilih produk ini, investor secara tidak langsung turut berkontribusi terhadap berbagai kegiatan pengembangan Energi Baru Terbarukan Indonesia.

“Sebagai salah satu produk reksa dana baru saja memborong penghargaan Best Mutual Funds Award 2024, Insight Renewable Energy Fund punya track record kinerja positif sejak diluncurkan yang mampu mengalahkan benchmark-nya yakni Infovesta Fixed Income Fund Index,” jelas Camar. 

Di sisi lain, mengenai kepedulian terhadap lingkungan, Ria Warganda menambahkan dengan berinvestasi di Insight Renewable Energy Fund, investor secara tidak langsung berkontribusi dalam upaya-upaya memerangi dampak negatif dari perubahan iklim.

“Kontribusi tersebut tentu dapat tercapai karena dalam reksa dana ini juga terdapat pengalokasian dana CSR kepada pihak-pihak ditunjuk Insight Investments untuk mengembangkan energi terbarukan Indonesia seperti Yayasan Rumah Energi, dan Yayasan Energi Lestari,” tutup Ria.

Sebagai catatan, Insight insight Investments merupakan Manajer Investasi dengan seluruh produk reksa dana memiliki tema CSR. Mengusung tagline Transforming Investment into Social Impact, insight Investments mengalokasikan sebagian dana untuk program kemanusiaan, keagamaan, pendidikan, dan lingkungan hidup serta turut mendukung tercapainya Sustainability Development Goals (SDG) di Indonesia. (*)