EmitenNews.com - Indeks harga saham gabungan atau IHSG bergerak fluktuatif sepekan terakhir. Namun akumulasi net buy investor asing mencapai Rp4.2 triliun.


Bersamaan dengan hal tersebut, IHSG mencatatkan level penutupan tertinggi baru di level 6.928 atau menguat +0.872% di perdaganagn Jumat (4/3).


Oleh sebab itu analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan, memperkirakan IHSG berpeluang menguat untuk uji level 6.950 di perdagangan Senin (7/3) ini.


Investor asing mulai kembali melakukan selective buying pada saham-saham bluechip, seperti BBRI, TLKM, ASII, BBNI, PGAS dan UNTR.


"Saham-saham tersebut dapat kembali diperhatikan di perdagangan Senin (7/3)," kata Valdy.


Menurutnya pelaku pasar juga dapat memperhatikan potensi penguatan lanjutan pada saham-saham komoditas, seperti MDKA, AALI, LSIP dan HRUM.


"Saham tambang lain, seperti ANTM, ADRO, PTBA dan ITMG masih terindikasi dalam fase strong bullish. Namun akumulasi beli sebaiknya tetap mewaspadai potensi normal pullback jangka pendek, mengingat Stochastic RSI menunjukan sinyal overbought," tambahnya.


Diunggulkannya saham-saham tersebut tidak terlepas dari sentimen lonjakan harga komoditas yang turut dipicu kekhawatiran supply di tengah eskalasi konflik Rusia-Ukraina dan serangkaian sanksi ekonomi.(fj)