EmitenNews.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) mengingatkan para pendengung atau buzzer agar tidak melakukan penawaran saham. Pasalnya, tidak dan bukan pihak yang memiliki kapasitas dalam penawaran investasi.


Hal itu menanggapi maraknya pendengung yang tengah berupaya memengaruhi pengikutnya untuk berinvestasi pada saham perdana PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo, yang tengah memasuki masa penawaran awal.


Menurut Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono Widodo, bahwa para buzzer tidak diperbolehkan melakukan penawaran atas saham-saham, sebab yang diizinkan melakukan hal itu hanya lembaga dan profesi resmi yang terdaftar di OJK.


“Bisa ditegur OJK nanti,” kata Laksono kepada media, Selasa (22/3/2022).


Seperti diketahui, di media sosial tengah marak pendengung menyarankan untuk membeli saham perdana GoTo.


Misalnya akun @pantunxxxxmar yang mengunggah, "karena menurut gue, momen ini sayang untuk dilewatkan guys. Beli saham GOTO ya di stockbit aja!buat yang pengen tau info detail soal GOTO ini linknya buat dikepoin.”


Namun, ada juga pemengaruh yang ditawarkan untuk mengunggah penawaran saham GOTO pada media sosialnya, namun menolak. Misalnya akun doktermaket, yang mengunggah; “sama sekali engga iri karena kemarin juga dapat tawaran endorse tapi saya cuma bilang makasih tawarannya.”