EmitenNews.com - Prof. Azyumardi Azra kini memimpin Dewan Pers 2022-2025. Mantan Rektor UIN Syarief Hidayatullah Jakarta itu, menggantikan Prof. Muhammad Nuh. Azyumardi Azra mengungkapkan, tantangan Dewan Pers saat ini, akan berbeda dibandingkan sebelumnya. Terutama, saat ini mulai terjadi peningkatan suhu politik menjelang Pemilu Serentak 2024. Ia berjanji membimbing publik melalui media pers ke jalan yang benar.


Dalam keterangannya yang dikutip Kamis (19/5/2022), Azyumardi menekankan, pihaknya akan membimbing publik melalui media pers ke jalan yang benar di tengah-tengah eskalasi politik jelang Pemilu 2024.


“Dewan Pers harus meningkatkan peranannya dalam membimbing masyarakat, kesadaran masyarakat, literasi politiknya,” katanya kepada pers, usai pengukuhan .


Selain itu, Azyumardi berkomitmen meningkatkan kualitas pers di Indonesia dengan cara mendorong kesejahteraan jurnalis.


“Kita juga ingin meningkatkan kualitas jurnalis kita, kesejahteraan jurnalis kita, orang-orang pers, insan pers yang terlibat dalam berbagai kegiatan di dunia pers. Kita usahakan lebih terjamin kesejahteraannya,” ujar Azyumardi.


Azyumardi mengungkapkan, banyak karyawan pers yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan tidak mendapat perlindungan. Selain itu, kata dia,  banyak jurnalis yang kerap dipaksa pensiun dini tanpa mendapat jaminan kesejahteraan.


“Jadi inilah nilai-nilai yang harus kita perjuangkan. Karena setelah pandemi Covid-19, dampak negatif terhadap ekonomi kita terhadap masyarakat kita, itu terasa sekali. Itulah yang harus kita hadapi,” kata Azyumardi.


Azyumardi menjelaskan pihaknya akan mengupayakan kenaikan upah bagi jurnalis. Dia ingin menyadarkan perusahaan media untuk membuat karyawan pers lebih sejahtera. Untuk itu, kata dia, Dewan pers harus menjadi jembatan antara kepentingan jurnalis dengan dunia badan usaha pers. Ia berharap lembaga-lembaga pers, perusahaan-perusahaan pers semakin memperhatikan kesejahteraan.


“Kita tahu keadaannya susah. Keadaan ekonomi sekarang susah. Tapi bagaimanapun juga harus tetap diberikan jaminan kesejahteraan yang lebih baik kepada jurnalis-jurnalis kita,” tegas Azyumardi.


Ini susunan kepengurusannya Dewan Pers 2022-2025:

 

  1. Ketua: Azyumardi Azra
  2. Wakil Ketua: M Agung Dharmajaya
  3. Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers: Yadi Hendriana

Wakil: Paulus Tri Agung

  1. Komisi Hukum dan Perundang-undangan: Arif Zulkifli

       Wakil: Ninik Rahayu

  1. Komisi Pendidikan dan Pengembangan Profesi: Paulus Tri Agung

       Wakil: Yadi Hendriana

  1. Komisi Penelitian, Pendataan, Ratifikasi: Ninik Rahayu

       Wakil: Asmono Wikan

  1. Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri: Totok Suryanto

      Wakil: Arif Zulkifli

  1. Komisi Pemberdayaan dan Organisasi: Asmono Wikan  

      Wakil: Sapto Anggoro