EmitenNews.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan layanan listrik premium kepada PT Ekagrata Data Gemilang. Entitas usaha Indointernet (EDGE) itu, menambah kapasitas daya 40 Mega Volt Ampere (MVA), dan masuk pelanggan premium PLN.


Sebelumnya, pada Mei lalu, PLN juga telah menyuplai listrik untuk data center EDGE 18 MVA. Melalui layanan premium itu, PLN memberi layanan kelistrikan lebih andal bagi pelanggan dengan tarif terjangkau. Ekagrata akan menerima suplai dari dua sumber listrik berbeda dilengkapi sistem Automatic Changer Over (ACO) sebagai pemindah sumber listrik otomatis apabila terjadi gangguan padam pada sumber listrik utama. 


General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menjelaskan PLN siap memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan premium. Saat ini, DKI Jakarta dipasok 6 sub-sistem dengan total kapasitas 8.535 Megawatt (MW), dan beban puncak tertinggi pada 2022 5.515 MW. ”Masih ada cadangan pasokan listrik 35 persen untuk memenuhi potensi kebutuhan listrik Jakarta,” tukas Doddy.


Proyeksi penggunaan listrik untuk data center kawasan Jakarta tahun ini diperkirakan 300 MVA, dan masih akan terus bertambah. Dengan kapasitas daya pasok listrik cukup besar, PLN yakin dapat memenuhi kebutuhan listrik tersebut. ”Kami berharap pertumbuhan data center di Jakarta berkembang, dan tentu PLN menjadi pilihan utama untuk urusan suplai listrik,” tegas Doddy.


Hingga Juli 2022, ada 2.750 pelanggan menikmati layanan premium dengan total daya mencapai 948 MVA tersebar di seluruh DKI Jakarta. Dengan teken perjanjian itu, tahun ini PLN telah menyuplai 58 MVA untuk data center Ekagrata. Dengan rincian Data Center 1 (EDGE 1) 18 MVA di kawasan Tendean, dan Data Center 2 (EDGE 2) 40 MVA di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.


CEO EDGE DC, Stephanus Oscar mengapresiasi pelayanan PLN cepat tanggap memenuhi kebutuhan pelanggan. ”Dengan layanan premium PLN, kami makin percaya diri memenuhi kebutuhan para pengguna data center kami,” tegas Stephanus Oscar. (*)