EmitenNews.com - Pantai Indah Kapuk Dua alias PIK2 (PANI) ditetapkan menjadi proyek strategis nasional (PSN). Perencanaan PIK2 PSN dengan kisaran luas proyek 1.755 hektare (ha). Dan, proyek tersebut telah dikaji antara lain sebagai berikut. 

Pengembangan baru berkonsep eco-park, dan dapat disebut Taman Bhineka, mengusung keragaman religi, dan sikap toleransi Indonesia. Safari sebagai destinasi wisata alam dapat diakses umum, dan fasilitas penunjang untuk mempermudah wisatawan berkunjung termasuk hotel, restoran, dan fasilitas lain berhubungan dengan wisata safari. Lapangan Golf dirancang untuk mengakomodir standar 27 holes dengan skala design bertaraf internasional. 

Wisata Mangrove sebagai destinasi wisata alam berbasis pesisir pantai termasuk safari mangrove, taman rekreasi keluarga, dan kebun binatang berhabitat mangrove. Sirkuit internasional menyasar segmen pencinta otomotif, direncanakan racing berskala nasional, dan internasional sebagai magnet segmen otomotif. Ekowisata dapat mencakup resort bertemakan pesisir pantai, taman terbuka, dan tertutup dengan target segmen wisata ekowisata. 

Perhitungan sementara total investasi dapat mencapai sekitar Rp40 triliun, dan akan dibangun mulai 2024, dan ditarget selesai pada 2060. Dalam perencanaan total investasi itu, akan difasilitasi pihak swasta, dan tidak ditarget menggunakan APBN/APBD. Penetapan PIK2 sebagai PSN menjadi tonggak baru bagi pengembang untuk lebih berdampak lebih luas sehingga bukan hanya membangun infrastruktur, dan fasilitas diperlukan untuk hunian, dan kegiatan komersial.

Saat ini, PIK2 merencanakan ekspansi target pasar baru yakni destinasi pariwisata baru pesisir pantai Tangerang Utara dengan total cakupan area sekitar 1.755 ha, dengan harapan target-target telah diidentifikasi dapat tercapai antara lain sebagai berikut. Penyerapan lapangan kerja baru sekitar 30 ribu orang. Kunjungan wisatawan baik domestik maupun asing sekitar 10 juta wisman per tahun. Kontribusi kepada pendapatan pemerintah pusat dan daerah dalam bentuk pajak (PPn, PBB, PB1, Pph). 

Potensi investasi modal dari swasta/asing berminat untuk menanamkan modal di PIK2 PSN. Pemerataan distribusi pembangunan luar DKI Jakarta sehingga tercapai dampak sosial, dan ekonomi antara lain mengurangi kesenjangan pendapatan seluruh lapisan masyarakat, memperkecil kesenjangan antarwilayah, pemerataan infrastruktur sehingga dapat menunjang tercapainya Indonesia Emas pada 2045. 

Dan diperlukan transportasi dan jalan tol memadai dalam hal untuk mengakomodir potensial animo masyarakat. Saat ini, kawasan PIK2 sedang dibangun jalan tol Kamal-Teluknaga-Rajeg (KATARA) sepanjang hampir 40 KM, dan diperkirakan akan mulai beroperasi dalam 1 tahun ke depan. 

PIK2, merupakan salah satu pegembangan kawasan properti Jakarta Utara, terletak di tepi Pantai (tropical coastland), mengusung filosofi gaya hidup dinamis, dan modern dengan inovasi dikembangkan mengikuti perkembangan pasar. PIK2 merupakan lanjutan usaha patungan Agung Sedayu Group (ASG), dan Salim Group (SG) setelah berhasil mengembangkan Kawasan PIK 1, dan pulau reklamasi yakni Golf Island and Ebony dengan total luasan pengembangan sekitar 1.600 ha. (*)