EmitenNews.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) mengimbau masyarakat untuk memastikan kesiapan perjalanan jarak jauh. Pasalnya, masih banyak ditemukan kendaraan yang kehabisan bahan bakar minyak (BBM) di perjalanan. Perseroan terus meningkatkan pelayanan baik di gerbang tol, rest area dan lajur untuk mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas yang signifikan pada arus balik Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

“Pada periode arus balik ini, kami mencatat sejumlah permintaan bantuan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080 karena kehabisan BBM akibatnya kendaraan tersebut berhenti di bahu jalan, bahkan ada yang berhenti di lajur contraflow," ujar Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani dalam rilis yang diterima Senin (15/4/2024).

Jasa Marga kembali mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kecukupan BBM secara berkala. Khususnya setiap berhenti di rest area, agar langsung mengisi BBM sesuai kebutuhan.

Jasa Marga melalui anak usaha di bidang prospektif, PT Jasamarga Related Business (JMRB), juga bekerja sama dengan Pertamina untuk menyediakan BBM motoris yang bersiaga di Rest Area Travoy Jasa Marga.

Ini merupakan layanan pengantaran BBM untuk pengguna jalan yang kehabisan BBM di sekitar rest area dengan menggunakan motor. Namun demikian, armada BBM motoris terbatas, sehingga pengguna jalan tetap harus mengantisipasi perjalanan jarak jauh dengan memastikan kecukupan BBM.

“Kami juga mengimbau pengguna jalan untuk aktif mencari informasi mengenai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalan arteri yang dekat dengan akses keluar jalan tol sebagai alternatif apabila rest area di jalan tol dilakukan buka tutup karena penuh,” tutup Faiza.

Jasa Marga mengimbau masyarakat memastikan kesiapan perjalanan. Di antaranya memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan dan saldo uang elektronik.

Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol. Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan yang lain.

Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, akun X @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga. ***