EmitenNews.com - Pemerintah memastikan kondisi jalan tol layak dilintasi saat mudik Lebaran 2022. PT Hutama Karya (Persero) menyatakan mendukung penuh arahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terkait persiapan pelayanan mudik Lebaran Tahun 2022.


Dalam keterangannya kepada pers, Sabtu (2/4/2022), Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengungkapkan, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jalan tol yang dikelola, khususnya saat mudik Lebaran mendatang.


Menurut Tjahjo Purnomo, pelayanan Hutama Karya menjelang mudik lebaran yaitu memastikan kondisi jalan tol yang dikelola layak dilintasi dan perbaikan selesai dilakukan. Terutama di ruas-ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang paling sering dilintasi oleh pemudik seperti Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Tol Palembang-Indralaya (Palindra, dan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai).


Hutama Karya juga memastikan fokus pada Optimalisasi Pemeliharaan, Operasi, dan Rehabilitasi alias OPOT dengan melakukan pemeliharaan secara rutin dan penanaman pohon secara berkala. Perseroan juga berfokus pada kualitas pengoperasian jalan tol dan rest area yang dikelola dengan memberikan fasilitas-fasilitas tambahan.


Tjahjo mencontohkan, pihaknya menyediakan kantong parkir agar tidak terjadi antrian di penyeberangan pelabuhan menuju Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan, setelah saat ini tiket kapal sudah bisa dipesan melalui daring. Selanjutnya, menambahkan petugas siaga, memastikan Bahan Bakar Mentah (BBM) tercukupi dan melakukan penambahan SPBU modular di beberapa tempat, dan menyediakan mobil ATM berjalan demi memudahkan transaksi pengguna jalan.


Hutama Karya juga menambah fasilitas lainnya. Antara lain toilet portabel, pos kesehatan dan pos pantau, bekerja sama dengan pihak Kepolisian Daerah Setempat, serta berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk memastikan tidak terjadinya kepadatan.


Seperti diketahui Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menginstruksikan agar setiap jalan tol berada dalam kondisi bagus menjelang mudik Lebaran 2022. Ia meminta jalan tol aman digunakan oleh masyarakat dalam perjalanan mudik. ***