EmitenNews.com -Emiten angkutan laut PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) sepanjang 3 bulan pertama tahun 2023 berhasil membukukan kinerja cemerlang dengan torena laba bersih yang melonjak signifikan hingga Rp44,40 miliar, naik sebesar Rp18,27 miliar atau mengalami peningkatan 66 persen dibandingkan pencapaian pada periode yang sama tahun 2022 senilai Rp26,13 miliar.

 

Pencapain hingga 31 Maret 2023 dengan laba tersebut membuat, laba per saham dasar ELPI ikut terkerek hingga 5,72 per saham dasar dibandingkan sebelumnya di Rp4,28 per saham dasar.

 

“ELPI optimis menyongsong tahun 2023 ini berdasarkan kinerja keuangan dan perbaikan ekonomi secara makro, selain kami juga telah mendapatkan kontrak baru dan kontribusi anak perusahaan PT ELPI Nusantara Armada (“ENA”) memberikan kontribusi yang cukup signifikan ,” Kata Efilya Kusumadewi-Direktur

 

Lya menjelaskan bahwa untuk pendapatan ELPI pada kuartal I ini telah berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp. 212 miliar yang mana mengalami peningkatan sebesar Rp. 86,15 miliar dibandingkan kuartal I 2022 atau sebesar naik sebesar 68%. Kami baru saja mendapatkan kontrak hingga Juni 2023 dengan nilai sebesar USD. 1,73jt. Laba Bersih saat ini mencapai Rp. 44,40 miliar, naik sebesar Rp18,27 miliar atau mengalami peningkatan 66%.

 

Di sisi rasio keuangan pada Kuartal I 2023, ELPI menunjukkan angka Debt to Equity Ratio (DER) 16%, Debt Service Coverage Ratio (DSCR) 5,67, Current Ratio 659%. Perseroan secara prudent mampu menjaga rasio keuangan debt to equity (DER) kurang dari 230%, Debt Service Coverage Ratio (DSCR) di atas 1 kali (100%) dan Current Ratio di atas 1 kali (100%), dengan perbandingan Debt to Equity Ratio yang rendah serta current asset yang sangat tinggi, sambungnya.

 

“Khusus ENA pada kuartal I ini telah memberikan kontribusi sebesar Rp57,42 miliar yang mana hal tersebut menandakan keputusan dan strategi Manajemen untuk ekspansi bisnis ELPI dibidang selain offshore telah menampakan hasil positif diwaktu yang relatif pendek khususnya di bidang tug & barge”, terang Eka Taniputra-Direktur Utama ELPI dalam keterangan resmi yang diterima EmitenNews.com, Jumat (28/4/2023).

 

Eka menyampaikan “Kami bersyukur atas rencana strategi bisnis ELPI di tahun 2023 diluar segmen Offshore yang telah memberikan kemampuan financial pada ELPI. Meskipun sumbangsih core bisnis untuk drilling & offshore masih memberikan kontribusi paling besar, tetapi kami sudah menancapkan pondasi ekspansi dibidang tug & barg temasuk potensi atas operasional mother Vessel kedepannya.”

 

“Kami selalu berinovasi dan looking forward atas opportunity yang ada, menciptakan peluang dari hulu ke hilir sehingga ELPI menjadi perusahaan yang mampu memberikan layanan total marine solution dengan memperkuat People Development guna mewujudkan misi ELPI yaitu Operasional yang Safe Reliable & Efficient.

 

Wawan Heri Purnomo-Corporate Secretary ELPI menyatakan, alhamdulillah kami telah publish dan submit ke Bursa atas laporan keuangan Inhouse hari ini, tanggal 27 April 2023 dan kinerja keuangan ELPI mengalami peningkatan baik dari segi pendapatan, laba bersih dan EBITDA pada kuartal I tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.