EmitenNews.com -PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) telah melepas sebanyak 87.709 lembar saham atau 17 persen kepemilikan saham pada Buka Investasi Digital, anak usaha PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) senilai Rp50 miliar pada tanggal 14 September 2023.

 

Direktur AMOR, Arief Wana mengaku, penjualan saham tersebut menghasilkan keuntungan investasi sebesar Rp7 miliar.

 

“Kami berencana menggunakan hasil penjualan untuk mendukung pengembangan rangkaian produknya dan berinvestasi lebih lanjut dalam meningkatkan kemampuan distribusinya,” tulis dia dalam keterangan resmi, Rabu (27/9/2023).

 

Ia bilang, Ashmore akan tetap menjadi pemegang 3 persen saham Buka Investasi Digital, sedangkan Bukalapak akan memiliki 97 persen saham BID yang sebelumnya 80 persen.

 

Untuk diketahui, Ashmore mengakuisisi 20 persen saham Buka Investasi Bersama (BIB) pada Desember 2020 senilai Rp50 miliar, untuk memperluas jangkauan distribusi melalui saluran digital.

 

Pada bulan Maret 2022, Ashmore dan Bukalapak mendirikan perusahaan induk baru, BID, dan kepemilikan ekuitas Ashmore di BIB dialihkan ke perusahaan baru tersebut.

 

“Investasi ini memungkinkan Ashmore untuk memperluas pengetahuannya tentang saluran distribusi digital yang berfokus pada pasar ritel dan memfasilitasi strategi Buka Investasi Digital untuk menyediakan,” pungkas dia.