EmitenNews.com—PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA), akan menggelar penawaran umum perdana (initial public offering /IPO) saham dengan target dana jumbo hingga maksimal Rp 9,61 triliun.

 

Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) telah memulai penawaran awal atau book building dalam rangka initial public offering (IPO) sejak kemarin, Selasa 28 Maret hingga 4 April 2023 dengan kisaran harga Rp780 hingga Rp795 per lembar.

 

Anak usaha dari PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) ini akan melepas 11 miliar saham atau 10,24% melalui IPO dengan kisaran harga Rp 780-795. Nilai IPO mencapai Rp 8,74 triliun dan bisa mencapai Rp 9,61 triliun, bila ada kelebihan pemesanan ( oversubscribed ).

 

Dikutip dari prospektusnya, Selasa (28/3/2023), apabila terjadi kelebihan pemesanan di penjatahan terpusat, perseroan akan mengeluarkan saham tambahan sebanyak-banyaknya 1,1 miliar saham biasa atau mewakili 1,01%.

 

MBM akan menggunakan 48% dana hasil IPO untuk pembayaran lebih awal seluruh pokok utang yang timbul berdasarkan perjanjian fasilitas berjangka US$ 300 juta. Ini akan dibayarkan kepada MDKA dan ING Bank NV cabang Singapura, masing-masing US$ 225 juta dan US$ 75 juta.

 

Selanjutnya, sekitar 5% dana IPO setelah dikurangi biaya emisi akan dipergunakan MBM untuk mengambil hak tagih sebesar US$ 30 juta atau Rp 460,5 miliar yang timbul dari perjanjian fasilitas dukungan induk oleh Merdeka Copper kepada PT Merdeka Tsingshan Indonesia (MTI).

 

"Sekitar 1,5% akan digunakan untuk modal kerja, antara lain biaya karyawan, biaya jasa profesional, dan biaya keuangan," tulis MBM dalam prospektus IPO.

 

Bagian lain dari dana hasil IPO, sekitar 8% rencananya dipinjamkan kepada MTI untuk membiayai sebagian belanja modal proyek  acid iron metal  (AIM) I yang dijadwalkan mulai produksi semester II-2023.

 

Kemudian, 14% dana hasil IPO akan dianggarkan sebagai pinjaman ke PT Zhao Hui Nickel (ZHN) antara lain untuk membiayai sebagian belanja modal pemasangan konversi nikel matte pada  smelter rotary kiln electric furnace  ( RKEF ) ZHN yang dalam pembangunan.