IDXINDUST

 0.00%

IDXINFRA

 0.00%

IDXCYCLIC

 0.00%

MNC36

 0.00%

IDXSMC-LIQ

 0.00%

IDXHEALTH

 0.00%

IDXTRANS

 0.00%

IDXENERGY

 0.00%

IDXMESBUMN

 0.00%

IDXQ30

 0.00%

IDXFINANCE

 0.00%

I-GRADE

 0.00%

INFOBANK15

 0.00%

COMPOSITE

 0.00%

IDXTECHNO

 0.00%

IDXV30

 0.00%

ESGQKEHATI

 0.00%

IDXNONCYC

 0.00%

Investor33

 0.00%

IDXSMC-COM

 0.00%

IDXBASIC

 0.00%

IDXESGL

 0.00%

DBX

 0.00%

IDX30

 0.00%

IDXG30

 0.00%

ESGSKEHATI

 0.00%

KOMPAS100

 0.00%

PEFINDO25

 0.00%

BISNIS-27

 0.00%

ISSI

 0.00%

MBX

 0.00%

IDXPROPERT

 0.00%

LQ45

 0.00%

IDXBUMN20

 0.00%

IDXHIDIV20

 0.00%

JII

 0.00%

IDX80

 0.00%

JII70

 0.00%

SRI-KEHATI

 0.00%

SMinfra18

 0.00%

KB Bukopin
victoria sekuritas

Jurus yang Bukan Kaleng-Kaleng, Literasi Keuangan Tangkis Crazy Rich Palsu

19/03/2022, 09:30 WIB

Jurus yang Bukan Kaleng-Kaleng, Literasi Keuangan Tangkis Crazy Rich Palsu

EmitenNews.com - Setiap orang menginginkan kehidupan tentram dengan dompet yang aman, tidak peduli mereka lajang ataupun sudah berkeluarga. Akan tetapi, tidak banyak orang tahu ketentraman semacam ini tidak dapat dicapai dengan gaji tinggi lho! Satu-satunya cara mencapainya dari segi keuangan adalah dengan melek secara finansial.

 

Apa pengertian melek finansial dan bagaimana caranya? Pengertian Melek Finansial menurut Gerakan Literasi Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian melek finansial adalah kecakapan dalam mengaplikasikan pengetahuan terkait konsep dan resiko sehingga mampu mengambil keputusan efektif terkait finansial agar kesejahteraan finansial meningkat, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

 

Secara umum, pengertian melek finansial adalah kemampuan untuk mengelola finansial secara teratur dengan sejumlah ilmu pengetahuan dan keterampilan, agar mampu mencapai kesejahteraan hidup.

 

Mengapa Literasi Keuangan Penting? Literasi keuangan adalah hal yang penting dipelajari agar melek finansial, terutama bagi pekerja baru dan orang dengan tanggungan keluarga. Selengkapnya tentang pentingnya literasi keuangan adalah berikut ini.

 

  1. Mampu Mengelola Keuangan Secara Teratur. Informasi dan wawasan literasi keuangan akan membuat Anda mampu mengatur keuangan dengan baik. Dengan literasi keuangan, alokasi finansial dapat terdistribusi secara lebih bijak dan terencana. Sehingga terciptanya kondisi keuangan yang sehat dan seimbang.

 

  1. Mengurangi Risiko Menjadi Korban Penipuan. Literasi keuangan membuat Anda memiliki banyak pengetahuan terkait keuangan. Pengetahuan ini akan membantu Anda menyeleksi produk/layanan finansial asli dan mana yang penipuan. Sehingga Anda bisa menghindarkan diri dari kerugian.

 

  1. Mempunyai Kesejahteraan Hidup. Dalam jangka panjang, literasi keuangan akan membantu Anda mencapai kesejahteraan dan ketentraman hidup. Di fase-fase awal mempelajari literasi keuangan, Anda mungkin harus meluangkan waktu untuk mempraktikkan ilmunya. Akan tetapi, kesusahan ini akan terbayarkan dengan kondisi finansial lebih baik.

 

Sedangkan 7 Tips Ampuh Mewujudkan Melek Finansial adalah, setelah membaca pentingnya literasi keuangan, ada beberapa cara mewujudkan melek finansial yang dapat Anda lakukan, yaitu:

 

  1. Pelajari Hal-Hal Berkaitan Dunia Keuangan. Tips pertama mewujudkan melek finansial adalah dengan mempelajari hal-hal berkaitan dunia finansial. Anda tidak perlu mengambil kuliah di jurusan keuangan guna mempelajari hal ini. Cukup rajin-rajin mempelajarinya melalui buku, materi digital, atau berita terkait keuangan.

 

  1. Biasakan Merencanakan Keuangan Tiap Bulan. Tips berikutnya untuk mewujudkan melek finansial adalah dengan membiasakan diri merencanakan keuangan tiap bulan. Perencanaan keuangan ini akan membantu Anda lebih hati-hati dan disiplin saat membuat pengeluaran. Selain itu, saat melakukan perencanaan keuangan Anda juga dapat membuat alokasi seimbang untuk kebutuhan sehari-hari, keinginan, dan tabungan.

 

  1. Ingat Target yang Ingin Dicapai. Setiap orang memiliki target-target di masa depan, dan sebagian target ini membutuhkan dana untuk realisasi. Dengan mengingat target-target tersebut, Anda dapat menahan keinginan menghambur-hamburkan uang. Sebaliknya, Anda justru akan bersemangat mempelajari bagaimana memanfaatkan uang dengan lebih baik dan mengembangkannya agar jumlahnya bertambah.

 

  1. Prioritaskan Kebahagiaan Jangka Panjang. Memprioritaskan kebahagiaan jangka panjang merupakan cara mewujudkan literasi keuangan selanjutnya. Orang-orang yang mengutamakan kebahagiaan jangka pendek akan menghambur-hamburkan pendapatannya tanpa pikir panjang. Mereka tidak akan peduli jika uang mereka habis demi hal-hal tidak bermanfaat.

 


Author: Rizki