EmitenNews.com - PT Hutama Karya (Persero) membagikan kabar gembira. BUMN Karya itu, akan mengoperasikan Tol Binjai - Langsa Segmen Stabat - Kuala Bingai sepanjang 7,55 Km mulai Rabu (20/9/2023). Tarifnya mulai hari ini, sampai batas tertentu, gratis. Hutama Karya sudah lebih dulu mengoperasikan Tol Binjai - Langsa Seksi 1 (Binjai - Stabat) sepanjang 12,3 KM sejak 11 Februari 2022.

 

“Selama masa sosialisasi, yang belum berbayar hanya Stabat hingga Kuala Bingai dan sebaliknya. Jadi, pengguna jalan yang melintas dari arah Binjai ke Stabat atau sebaliknya tetap dikenakan tarif normal," kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo. 

 

Tjahjo Purnomo menjelaskan bahwa selama fase pengoperasian, akan dilakukan sosialisasi sistem beroperasi tanpa biaya.

 

Selain itu, pihak Hutama Karya ingin mensosialisasikan penggunaan kartu uang elektronik. Kartu uang elektronik saat ini merupakan alat transaksi yang sangat krusial terutama di jalan tol dikarenakan saat ini sudah serba cashless.

 

"Kami imbau para pengguna jalan tol yang ingin melintas agar mengecek keadaan fisik dan saldo kartu uang elektronik terlebih dahulu," kata Tjahjo Purnomo.

 

Kartu uang elektronik yang digunakan harus dalam keadaan baik dengan chip kartu yang masih berfungsi.

 

Hutama Karya mengimbau masyarakat untuk memastikan bahwa saldo kartu uang elektronik cukup untuk mengantisipasi terjadinya antrian di gerbang tol akibat kehabisan saldo.

 

Untuk estimasi tarif segmen Stabat - Kuala Bingai akan diinformasikan setelah Kepmen tarif jalan tol ini dikeluarkan oleh Kementerian PUPR.

 

Tjahjo mengimbau pengguna jalan untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara di jalan tol. Hutama Karya memiliki tagline keselamatan berkendara, yakni SETUJU (Selamat Sampai Tujuan) dengan lima poin utama.