EmitenNews.com - Medco Energi Internasional (MEDC) bakal menjadi pemasok gas utama ke Singapura. Itu setelah menuntaskan transaksi akuisisi saham Conocophillips. Perseroan akan mencaplok saham ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. (CIHL) melalui Medco Energi Global Pte. Ltd (MEG). 


Medco Energi akan mengakuisisi 12.000 saham, CIHL dengan nilai USD1 per lembar. Manajemen Medco Energi menyebut akuisisi itu, bagian strategi usaha untuk meningkatkan nilai perusahaan, dan terus fokus pada integrasi secara efektif. ConocoPhillips mempunyai potensi pertumbuhan di masa depan. ”Akuisisi akan memperkuat keuangan perseroan,” tutur Siendy K. Wisandana, Corporate Secretary Medco Energi Internasional, Rabu (19/1).


Selanjutnya, produksi Medco Energi  akan menjadi 78 persen gas, dengan portfolio gas harga tetap lebih besar. Akuisisi, akan menghasilkan pertumbuhan nilai secara bertahap, credit positive, dan ruang lingkup sinergi meningkat secara signifikan.


Sekadar informasi, Hilmi Panigoro, Direktur Utama Medco Energi mengklaim transaksi itu, melanjutkan rekam jejak dalam memberikan nilai tambah melalui akuisisi, dan sesuai strategi perubahan iklim.


Akuisisi itu, makin memperkuat posisi Medco Energi di Asia Tenggara, dan menghasilkan sinergi kuat dengan wilayah kerja di Sumatera. Akuisisi Corridor sesuai strategi perseroan memiliki, mengembangkan aset berkualitas tinggi, dan menghasilkan arus kas positif. (*)