EmitenNews.com - PT Gudang Garam (GGRM) memperkuat modal Surya Dhoho Investama (SDHI) Rp2 triliun. Caranya, perseroan menyerap dua juta saham baru yang dikeluarkan SDHI. Suntikan modal itu, telah sesuai keputusan sirkuler SDHI pada 31 Oktober 2022. 


Setoran modal itu akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama yaitu sebagai setoran awal Rp2 miliar pada 10 November 2022. Lalu, sisanya akan disetor secara bertahap sampai seluruhnya disetor paling lambat pada akhir Maret 2023.


”Transaksi untuk meningkatkan modal Surya Dhoho Investama untuk mendukung kelanjutan proses pembangunan Bandara terpadu Kediri, Jawa Timur (Jatim) yang dibangun perseroan melalui Surya Dhoho Investama,” tulis Heru Budiman, Corporate Secretary Gudang Garam. 


Menyusul suntikan modal itu, modal ditempatkan dan modal disetor Surya Dhoho Investama menjadi Rp10 triliun dari semula Rp8 triliun. Di mana, perseroan menguasai saham Surya Dhoho Investama 9,999,999 saham atau Rp9,99 triliun.


Selanjutnya, PT Surya Duta Investama mengempit satu saham atau Rp1 juta. Modal dasar Surya Dhoho Investama juga ditingkatkan dari semula Rp9 triliun menjadi Rp10 triliun. (*)