EmitenNews.com - MNC Land (KPIG) bakal menerbitkan right issue maksimal 8.868.829.933 helai alias 8,86 miliar lembar. Saham baru itu setara 10 persen seluruh saham ditempatkan dan disetor penuh. Pengeluaran saham anyar itu, dibalut dengan nilai nominal Rp100 per lembar. 


Dana hasil right issue untuk biayai pengembangan, dan pembangunan proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City. Saat ini, fokus pembangunan berupa pengembangan, pembangunan infrastruktur lanjutan, dan kegiatan lain sesuai kebutuhan. Selain itu, pengembangan dan pembangunan komponen proyek meliputi penyelesaian Lapangan Golf 18-hole berstandar World Championship dirancang Ernie Els dengan golf club dan private clubhouses modern, pengembangan Lido Lake Resort Extension, Lido World Garden, dan MNC Park. 


Di bidang hospitality, perseroan fokus mengembangkan hotel dan resor. Di antaranya sudah beroperasi Park Hyatt Jakarta, Lido Lake Resort by MNC Hotel, Oakwood Hotel & Residence Surabaya, The Westin Resort Nusa Dua Bali, apartemen One East Penthouse & Residences, Next Hotel Yogyakarta, dan sedang dalam proses pembangunan Lido Lake Resort Extension, dan MNC Bali Resort.


Selain itu, perseroan juga memiliki dan mengelola gedung perkantoran dengan total area lebih dari 400 ribu meter persegi, venue penyelenggaraan berbagai acara, office space, dan coworking space berbagai lokasi strategis di Jakarta, Bogor, Surabaya, dan Bali. 


Rencana penerbitan maksimal 8,86 miliar saham itu, akan membuat para pemegang saham perseroan mengalami penurunan alias dilusi kepemilikan saham secara proporsional sesuai jumlah saham baru akan diterbitkan yaitu maksimum 9,09 persen. Dilusi akan dialami pemegang saham perseroan saat ini relatif kecil.


Nah, untuk memuluskan rencana itu, perseroan akan mengajukan izin kepada investor. Persetujuan pemodal akan diminta dalam rapat umum pemegang saham luar biasa pada Rabu, 28 juni 2023. Lokasi rapat akan berlangsung di iNews Tower Lantai 3, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. (*)