EmitenNews.com - Emiten BUMN perbankan PT T Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) tengah menyiapkan semua infrastruktur QRIS Cross Border (lintas negara) secara menyeluruh. Persiapan dilakukan dari semua aspek, baik dari aspek teknis, operasional, penanganan keluhan nasabah. 

 

Sehingga diharapkan saat diluncurkan dan saat kondisi pariwisata telah membaik, perseroan dapat langsung memberikan layanan yang terbaik dan maksimal bagi nasabah dan juga turis mancanegara yang datang ke Indonesia. 

 

Manajemen menyampaikan, pada tahap awal Bank Mandiri akan melakukan implementasi di sisi system Acquiring, yang memungkinkan para turis dari mancanegara dapat bertransaksi di Merchant Bank Mandiri di Indonesia.

 

Memang, saat ini Bank Indonesia (BI) tengah menyiapkan sistem dan infrastruktur untuk implementasi QRIS lintas negara dengan Malaysia. Sebelumnya, BI juga telah bekerja sama dengan regulator Thailand untuk QRIS yang ditargetkan diimplementasikan pada kuartal I-2022. 

 

Tantangan atas layanan QRIS ini di sisi edukasi layanan khususnya bagi merchant penerima transaksi serta pengguna e-wallet luar negeri agar transaksi dapat berlangsung lancar. Sedangkan peluangnya adalah apabila dilihat dari sisi fleksibilitas transaksi. 

 

Bank Mandiri mencatat transaksi QRIS telah mencapai hampir meningkat 586,5% secara year on year (yoy) menjadi 600 miliar di sepanjang 2021. QRIS ini baru diimplementasikan sejak akhir 2019 lalu. Adapun transaksi QRIS dilakukan baik di merchant-merchant anchor/jaringan maupun UMKM .