EmitenNews.com - Siapa yang pernah mengatur keuangan sedemikian rapi dan tertata, namun akhirnya hanya mengandalkan satu tabungan untuk menanggung seluruh beban finansial? Pengeluaran yang semestinya ada namun tidak diperhitungkan tingkat prioritasnya akan berubah menjadi darurat. Hal itu mengejutkan Kawan EmiteNews meski seharusnya tidak demikian.


Pedoman utama dalam mengelola tabungan adalah tujuan besar yang direncanakan dengan jelas dalam jangka panjang (10 tahun). Jika kita tujuan sudah jelas, kita dapat membuat beberapa pos pengeluaran dengan mengetahui tingkat prioritasnya. Setelah itu, kita akan menempatkan dana sesuai dengan pos pengeluaran yang sudah diatur.


Ada banyak cara untuk menabung. Melansir Financial Diet, berikut cara menabung dengan 7 dompet.


1.Dompet darurat

Ini merupakan dompet dengan prioritas tertinggi atau nomor satu. Dompet darurat menjadi jaring pengaman terhadap ketidakpastian dunia, salah satunya urusan kesehatan. Kawan EmiteNews disarankan untuk menyimpan empat hingga enam bulan pengeluaran normal. Sesuai dengan namanya, dompet ini digunakan ketika situasi darurat yang membutuhkan dana ekstra.


2.Tabungan membeli rumah

Suatu hari nanti Kawan EmiteNews akan membeli rumah dan memiliki tabungan ini menjadi prioritas kedua setelah dana darurat. Tempat tinggal sendiri menjadi aset untuk diri sendiri dan keluarga. Jika sedang melakukan cicilan, tidak menjadi masalah selama sudah memperhitungkan pengeluaran dana tersebut.


3.Tabungan bayar pajak

Sebagai warga negara yang baik, kita harus taat bayar pajak. Untuk itu tabungan ini hadir untuk Kawan EmiteNews yang suka tidak siap ketika harus membayar pajak. Walaupun dapat digabungkan pada dana darurat karena hanya sekali dalam setahun, tetapi dapat menguras dana darurat dalam jumlah besar. 


4.Tabungan liburan

Liburan banyak pilihan, salah satunya berpergian. Jalan-jalan jadi obat bahagia bagi kita. Jadwal liburan dapat disesuaikan, bisa satu kali setahun atau dua tahun sekali. Tabungan ini memiliki sifat yang harus digunakan dan diisi ulang.

Jika dihitung, akun ini mendapat porsi 5 - 10% dari gaji tahunan. Dengan menghitung tabungan per tahun, Kawan EmiteNews dapat memilih destinasi wisata terbaik.


5.Tabungan ‘banyak mau’

Kenapa dinamakan tabungan banyak mau? Karena banyak produk di pasar yang terus bermunculan hingga menguji iman Kawan EmiteNews untuk membeli setiap kali ada pembaruan. Salah satu contohnya adalah flash sale setiap bulan dan keluarnya tipe smartphone baru dalam kurun waktu 90 hari.


Sifat tabungan ini tidak wajib sehingga kita bisa mengabaikan iklan-iklan dan promo harga murah terkait produk yang diinginkan. Percayalah, semua akan indah pada waktunya. Banyak produk datang dan pergi, tetapi hanya satu - dua terbaik yang tinggal dipikiran. Ketika tiba waktunya, Kawan EmiteNews dapat langsung membelinya menggunakan tabungan ini.


6.Tabungan Hari Raya

Seiring waktu, kita semua bertumbuh dan menjadi dewasa berdasarkan usia. Tabungan ini menjadi jawaban atas kegelisahan ketika hari raya tinggal menghitung hari. Dana dalam tabungan ini dapat digunakan untuk membiayai operasional, belanja pakaian baru, dan berbagai makanan ringan lainnya.