EmitenNews.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) menetapkan peringkat "idBBB-" untuk PT Pollux Properties Indonesia Tbk (POLL). Prospek terhadap peringkat Perusahaan adalah "stabil".

 

Obligor dengan peringkat idBBB memiliki kemampuan yang memadai dibandingkan obligor Indonesia lainnya untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Walaupun demikian, kemampuan obligor lebih mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi. Tanda Kurang (-) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan.

 

Sebagai tambahan informasi, saham POLL dalam perdagangan sebulan terakhir berada di tren koreksi. Terpantau pada Jumat 4 Februari 2022, saham POLL masih di level Rp875 per saham dan pada penutupan Rabu 2 Maret 2022 sudah terparkir di level Rp710 per saham atau turun 180 poin setara 20,57 persen.

 

Peringkat Perusahaan mencerminkan posisi yang moderat di pasar properti dan kualitas aset yang baik. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh struktur permodalan yang agresif dan proteksi arus kas yang lemah, landbank dan pendapatan berulang yang terbatas dibandingkan dengan perusahaan sejenis, dan eksposur terhadap penjualan properti yang siklis.

 

Kami dapat menaikkan peringkat jika POLL memperkuat posisi pasarnya dengan melebihi target pendapatan dan EBITDA, didukung oleh kinerja pra-penjualan yang kuat dan pendapatan berulang yang lebih tinggi, serta mengembangkan proyek-proyek baru. Hal ini harus disertai dengan leverage keuangan yang jauh lebih rendah dan rasio perlindungan arus kas yang lebih kuat secara berkelanjutan.

 

Namun, peringkat dapat diturunkan jika pendapatan POLL dan/atau EBITDA secara signifikan lebih rendah dari yang diproyeksikan karena penundaan dalam penyelesaian proyek-proyek utama dan/atau POLL menambah utang yang jauh lebih besar dari yang diproyeksikan, yang mengakibatkan penurunan kinerja lebih lanjut. Kami juga dapat menurunkan peringkat jika pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan penurunan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS secara signifikan mempengaruhi kinerja bisnis POLL.

 

POLL adalah pengembang properti yang berfokus pada pengembangan high rise, mixed-used development, dan properti investasi. Per 30 September 2021, pemegang saham terdiri dari PT Borneo Melawai Perkasa (84,99%), PT Pollux Multi Artha (0,01%), dan publik (15%).