EmitenNews.com - PT Angkasa Pura (AP) II mengadopsi teknologi berbasis pemanfaatan metaverse. Itu dilakukan untuk memperkuat budaya digital internal, dan pemangku kepentingan perusahaan. AP II sebagai perusahaan bidang pelayanan publik, secara konsisten melakukan digitalisasi seluruh aspek. 


Itu untuk mengikuti perkembangan dunia, dan mengakomodir kebutuhan masyarakat. ”Pada era teknologi, Angkasa Pura II harus cerdas, dan modern,” tutur Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, akhir pekan lalu.


Angkasa Pura mendefinisikan metaverse sebagai dunia digital mempertemukan setiap orang untuk saling berinteraksi, meski secara fisik tidak dalam satu lokasi. Maksimalisasi metaverse secara global diproyeksi makin luas. Di mana, perusahaan kelas dunia sudah mulai fokus bidang tersebut. ”Digitalisasi meningkatkan efisiensi, dan optimalisasi. Jadi, kinerja usaha secara keseluruhan makin baik,” imbuhnya.


Sejatinya, Angkasa Pura II, telah memanfaatkan metaverse pada kegiatan internal rapat pimpinan pada kuartal I-2022 pada 31 Januari 2022 lalu. Kemudian, kala pertemuan dengan Telkom University pada 4 Februari 2022. saat itu, Angkasa Pura II diminta menjadi narasumber untuk memberi masukan kurikulum program pascasarjana universitas tersebut. 


Pemanfaatan metaverse dalam rapat formal itu, menandakan Angkasa Pura II terus memperkuat transformasi digital. Sedang Telkom University sebagai salah satu kampus terbaik bidang teknologi, mampu merespons perkembangan teknologi dunia dengan baik. (*)