EmitenNews.com - PT MNC Land Lido, entitas usaha PT MNC Land (KPIG) meneken nota kesepahaman dengan PT Infokom Elektrindo (Infokom). Itu dilakukan untuk mengembangkan infrastruktur terintegrasi, dan ekosistem berteknologi tinggi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata MNC Lido City. 


MNC Landa menunjuk Infokom, perusahaan dengan pengalaman dan keahlian luas bidang Infrastruktur teknologi informasi, dan komunikasi (TIK), untuk menjadi penyedia infrastruktur KEK MNC Lido City. Meliputi infrastruktur TI inti, Backbone, jaringan fiber optic, dan fata center. Infokom bertindak sebagai investor utama, akan mengelola investor, dan mitra strategis TIK lainnya. 


Di Indonesia, hampir seluruh proses bisnis sedang mengalami transformasi teknologi cepat, dan butuh penyimpanan data digital sangat besar. Adopsi sistem digital terbukti lebih aman, efektif, dan efisien. Berdasar laporan penelitian Jones Lang LaSalle (2021), pada 2020 area Jabodetabek memiliki kapasitas pusat data sekitar 70 Megawatt (MW). 


Itu berarti pasar pusat data Indonesia masih dalam tahap awal sehingga kurang terlayani. Terutama dibanding wilayah serupa pasar lebih besar. Misalnya, India memiliki 447 MW, dan Singapura 357 MW. Investor asing telah memasuki pasar Indonesia dengan menggarap landbank mitra lokal, karena biaya lahan memakan sekitar 15-20 persen dari total biaya pembangunan. 


MNC Landa dan Infokom berkomitmen mendirikan Techno Park KEK MNC Lido City. Itu dilakukan untuk menjawab kebutuhan makin meningkat akan pusat data, dan teknologi terintegrasi ramah lingkungan Indonesia. Selain itu, pengembangan lain termasuk pusat artificial intelligence (AI), dan infrastruktur smart city dengan teknologi hijau untuk meminimalisir risiko ditimbulkan dari isu lingkungan, dan iklim, juga turut melestarikan sumber daya alam (SDM). 


CleanTech dan sumber energi terbarukan seperti pembangkit tenaga surya akan dihadirkan di Techno Park sehingga dapat mencegah punahnya sumber energi tak terbarukan lainnya. ”Pengalaman Infokom dalam infrastruktur bisnis digital dan solusi TIK dipadukan dengan lokasi strategis, dan ambisi pengembangan KEK MNC Lido City, menjadikan Techno Park sebagai salah satu ekosistem teknologi tinggi terbesar  Indonesia,” tutur Hary Tanoesoedibjo, CEO MNC Group. (*)