EmitenNews.com - Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) mengumumkan  informasi atas transaki pengalihan Aset Tak Berwujud antara entitas anak, yaitu PT Enseval Putera Megatrading Tbk (EPMT) dengan PT Mostrans Global Digiloe.

 

Dalam rangka memenuhi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 3L/POJK.O4/2015 tanggal 16 Desember 2015 tentang Keterbukaan atas informasi atau Fakta Material oleh Emiten atau Perusahaan Publik Perusahaan menyampaikan bahwa pada tanggal 17 Januari 2022, EPMT mengalihkan kepemilikannya atas Aset Tak Berwujud kepada MGD berupa platform digital transportasi produk farmasi dan produk kesehatan antar bisnis (B2B) vans dikenal dengan nama MOSTRANS, dengan nilai transaksi sebesar Rp2.350.000.000.

 

“Transaksi ini tidak mempengaruhi kendali kepemilikan Perseroan atas platform digital MOSTRANS dan tidak berdampak material kepada Kalbe Farma,” kata Lukito Kurniawan Gozali Corporate Secretary KLBF.

 

Sementara itu MGD merupakan salah satu perusahaan terkendali Perseroan, yang didirikan oleh PT Enseval Putera Megatrading Tbk (EPMT) dan PT Asta Translog Digital (ATD). Adapun MGD memiliki komposisi pemegang saham sebagai berikut: Rp18 miliar atau 180.000 saham yang mewakili 90% modal dimiliki oleh EPMT dan Rp2 miliar atau 20.000 saham yang mewakili 10% modal dimiliki oleh ATD.

 

MOSTRANS sebagai platform digital tercatat sebagai salah satu Aset Tak Berwujud EPMT dalam Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian pada Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan per tanggal 30 September 2021.

 

EPMT merupakan pemilik platform digital dalam bentuk antara lain aplikasi penyedia layanan marketplace pemilik truk/perusahaan ekspedisi dengan pemilik barang yang ingin melakukan pengiriman barang ke suatu tujuan yang dikenal sebagai platform digital MOSTRANS. MOSTRANS diluncurkan Perseroan pertama kali pada tahun 2019. 

 

Saat ini, MOSTRANS sudah digunakan oleh sejumlah perusahaan ekspedisi serta pemilik barang dalam memproses pengiriman barang/produk. Perseroan terus mengembangkan penetrasi MOSTRANS guna meningkatkan jumlah penggunanya dengan bekerjasama dengan sejumlah partner perusahaan ekspedisi serta pemilik barang agar menjadi platform digital transportasi terbesar di Indonesia terutama untuk produk farmasi dan produk kesehatan. Perseroan juga terus mengembangkan fitur-fitur baru dalam MOSTRANS, sesuai dengan kebutuhan di masing-masing pengguna.