EmitenNews.com - Jasnita Telekomindo (JAST) bakal menggelar right issue senilai Rp61,02 miliar. Itu dengan melepas saham baru 406.813.350 lembar atau 406,81 juta lembar dengan harga pelaksanaan Rp150 per saham.


Saham baru Jasnita Telekomindo itu, setara 33,33 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan dengan nilai nominal Rp100 per lembar. Setiap pemegang dua saham lama berhak untuk mendapatkan satu saham right issue dapat dikonversi menjadi satu saham perseroan. 


Saat bersamaan, Jasnita Telekomindo juga menerbitkan maksimum 284.769.345 waran seri I atau maksimal 35 persen dari modal ditempatkan, dan disetor penuh perseroan. Setiap 10 saham hasil pelaksanaan right issue melekat tujuh waran seri I bagi pemegangnya. Setiap pemegang satu waran seri I berhak membeli satu saham dengan harga pelaksanaan Rp188 per saham. Jadi, waran seri I maksimal bernilai Rp53,53 miliar.


Pemegang saham tidak melaksanakan haknya, persentase kepemilikan saham akan terdilusi maksimum 33,33 persen. Bagi pemegang saham telah melaksanakan hak namun tidak melaksanakan waran seri I, persentase kepemilikan saham terdilusi maksimum 18,92 persen. Secara keseluruhan pemegang saham tidak melaksanakan right issue, dan waran seri I, persentase kepemilikan saham akan terdilusi maksimum 45,95 persen.


Dana hasil right issue setelah dikurangi biaya-biaya emisi, sekitar 8,3 persen untuk belanja modal peremajaan dan/atau penambahan server. Sekitar 50 persen untuk pengembangan proyek Smart City termasuk namun tidak terbatas pada infrastruktur penerangan jalan, pengembangan Global Positioning System (GPS) serta pengembangan aplikasi yang berhubungan dengan proyek Smart City.


Lalu, sekitar 41,7 persen sebagai modal kerja perseroan dan/atau entitas anak dalam memenuhi kebutuhan operasional dengan rincian namun tidak terbatas pada biaya gaji dan tunjangan karyawan, biaya pemeliharaan, keperluan kantor, asuransi, pengembangan sumber daya manusia (SDM),  pengembangan produk digital, dan antisipasi kemungkinan proyek dapat diperoleh perseroan dan/atau entitas anak.


Selanjutnya, Jasnita Telekomindo berencana menggunakan dana waran seri I sebagai modal kerja perseroan dan/atau entitas anak untuk memenuhi kebutuhan operasional perseroan dan/atau entitas anak. (*)