EmitenNews.com - Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkoordinasi dengan pemangku kepentingan, yakni dengan pengelola bandara, pemerintah daerah, dan sejumlah perusahaan angkutan jalan, untuk menyiapkan dukungan angkutan antarmoda dari dan ke Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka.


"Saat ini telah disiapkan angkutan antarmoda dengan 12 perusahaan otobus (PO), yaitu sebanyak 108 kendaraan dan total kapasitas mencapai 2.300 kursi," kata Plh. Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Iman Sukandar dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.


Dengan telah beroperasinya Tol Cisumdawu, menurut dia, angkutan antarmoda Bandara Kertajati memiliki sejumlah keunggulan, yaitu lebih dekat, lebih cepat, dan lebih murah, jika dibandingkan perjalanan dari Bandung ke Bandara Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma.


"Operator angkutan antarmoda siap memberikan promosi tarif di awal pemindahan Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Kertajati, yaitu pada Oktober sampai dengan Desember 2023," katanya.(*)