EmitenNews.com - Pemerintah terus melengkapi sarana dan prasarana di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan rumah tapak jabatan menteri (RTJM) di IKN Nusantara sudah dapat dihuni dan dimanfaatkan pada pertengahan 2024.

 

"Insya Allah di pertengahan tahun depan seluruhnya sudah bisa dimanfaatkan," ujar Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto di Jakarta, Jumat (25/8/2023).

 

Pembangunan rumah jabatan tersebut sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu. Hingga Agustus 2023, progres pembangunan fisik 36 unit RTJM di IKN, Kalimantan Timur, telah mencapai 22,86 persen.

 

Direktorat Jenderal Perumahan membangun rumah jabatan menteri setinggi dua lantai. Lantai pertama terdiri atas teras, ruang kerja, ruang tunggu dan area kedinasan, ruang tamu, dan kamar tidur tamu. Lantai kedua, area pribadi yang terdiri atas ruang keluarga, kamar tidur utama, dan kamar tidur anak.

 

Luas lahan per unit rumah tapak 1.000 meter persegi dan luas bangunan 580 meter persegi lengkap dengan meubelairnya.

 

Penting dicatat, dalam pembangunan RTJM di IKN tersebut, Kementerian PUPR tetap memperhatikan sejumlah aspek penting baik dari sisi kawasan, desain hunian maupun pemanfaatan teknologi. ***