EmitenNews.com - Keren. Jawa Barat mengamankan status juara umum pada perhelatan PON XX Papua 2021. Pada PON XIX 2016, Jabar juga berhasil menjadi juara umum. Dalam event empat tahunan yang ditutup Jumat (15/10/2021) itu, para atlet dari provinsi yang dipimpin Gubernur Ridwan Kamil itu, meraih 133 medali emas, 105 perak, dan 115 perunggu. PON XXI akan berlangsung di Provinsi Aceh, dan Sumatera Utara.


"Selamat kepada provinsi Jawa Barat yang meraih juara umum pada PON XX Papua 2021, semoga prestasi itu bagi cambuk bagi provinsi lain pada PON berikutnya," kata Gubernur Papua Lukas Enembe, pada penutupan PON Papua 2021, yang berlangsung di Stadion Lukas Enember, Jumat.


Dalam Pekan Olahraga Nasional yang berlangsung sejak 2 Oktober 2021 itu, Kontingen DKI Jakarta menempati posisi kedua dengan perolehan 110 medali emas, 91 medali perak, dan 100 perunggu. Posisi ketiga ditempati tim Jawa Timur yang mengumpulkan 110 emas, 89 perak, dan 88 perunggu. Tim tuan rumah Papua mengoleksi 93 medali emas, 66 medali perak, dan 102 perunggu, sukses menempati posisi keempat.


Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Bandung, Kamis (14/10/2021) malam, mengungkapkan, PON tak hanya soal kompetisi antaratlet, namun menjadi ruang persaudaraan dan persatuan. "Jika motto olimpiade itu adalah tercepat, tertinggi dan terkuat. Bagi saya PON lebih dari itu, PON tentang ruang persaudaraan dan persatuan."


Kang Emil, sapaan akrab mantan Wali Kota Bandung itu, mengatakan, capaian ini merupakan bentuk totalitas dan rasa cinta para atlet kepada tanah Jawa Barat. "Ini hasil dari keringat, tangis dan darah, buah kerja keras, ketekunan dan kedisiplinan serta kerja sama seluruh stakeholder olahraga di Jawa Barat. Ini bukan sekedar prestasi medali, namun bukti cinta para atlet kepada Jawa Barat. Ini merupakan perjuangan dan kerja keras luar biasa dari atlet, pelatih, tim dan keluarga.”


Keberhasilan Jabar menyabet juara umum sekaligus menghentikan penantian 70 tahun juara berturut-turut. Terakhir kali Jabar mengawinkan gelar juara terjadi pada PON 1951-1953. Provinsi Jawa Barat menyabet juara umum pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Capaian tersebut sekaligus mempertahankan status juara umum sebelumnya pada PON XIX 2016. ***