EmitenNews.com - Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Lembaga Perkreditan (PD BPR LPK) Parung Panjang, Bogor resmi menjadi mitra keagenan Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Pluit. Itu ditandai teken perjanjian kerja sama kedua belah pihak. 


”Dengan demikian PD BPR LPK Parung Panjang sudah menjadi mitra kami yang memiliki tugas untuk sosialisasi, pendampingan, akuisisi, maupun layanan pembayaran iuran peserta,” ungkap Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Pluit, Husaini, dalam keterangannya di Jakarta. Menurut Husaini, PD BPR merupakan mitra yang strategis untuk perluasan cakupan kepesertaan khususnya kelompok pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU).


”Karena sebagian besar nasabah PD BPR ini adalah UMKM yang jumlahnya sangat banyak,” ungkap Husaini. Dirinya berharap, seluruh nasabah PD BPR sekaligus menjadi peserta program Jamsostek. Minimal kepesertaan dalam dua program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM). Untuk kategori BPU, iuran untuk dua program ini sangat murah yaitu hanya Rp16.800.


”Tapi kami sarankan untuk nasabah PD BPR sekalian mengambil program Jaminan Hari Tua (JHT). Karena program ini sifatnya investasi yang sangat bermanfaat untuk peserta di hari tua. Apalagi pengembangan nilai tunai program JHT ini sudah tidak diragukan lagi, dalam catatan kami selalu mengungguli bunga deposito perbankan,” cetus Husaini. 


Husaini berharap dalam pendampingan PD BPR ini para mitra peserta program Jamsostek menjadi peserta yang tertib administrasi dan iuran. Karena hal ini menjadi syarat mutlak agar manfaat perlindungan BPJAMOSTEK selalu aktif setiap saat. ”Karena yang namanya musibah itu datangnya selalu dadakan, tak disangka-sangka, tak diduga-duga. Jika peserta menunggak, maka layanan manfaat ditolak oleh sistem kami atau tidak serta merta bisa digunakan,” ujar Husaini. 


Sebagaimana diketahui manfaat JKK adalah memberikan jaminan pendanaan tanpa batas plafon. Menurut Husaini, dengan JKK ini peserta mendapatkan penanganan pemulihan kecelakaan kerja sampai sembuh. ”Iuran yang Rp16.800 itu dapat men-cover seluruh biaya rumah sakit yang nilainya mungkin bisa beribu kali lipatnya,” kata Husaini.


Husaini mengatakan, sebegitu besarnya perhatian negara melindungi pekerja di dalam program Jamsostek. Untuk itu dia menyarankan bagi seluruh pekerja agar memanfaatkan sebaik-baiknya program ini. ”Bagi yang belum daftar, segera daftar,” tegas Husaini. (*)