EmitenNews.com - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat Bank Negara Indonesia (BBNI) dengan idAAA. Rating dengan prospek stabil itu, juga berlaku untuk Obligasi Berwawasan Lingkungan I BNI Tahun 2022.

Peringkat itu, terutama merefleksikan tingkat kepentingan sangat besar (critical importance) bagi pemegang saham pengendali (Pemerintah Republik Indonesia). Profil kredit standalone BNI didukung posisi usaha sangat kuat.

Lalu, profil profitabilitas sangat baik dengan komposisi pendanaan menguntungkan, dan profil likuiditas sangat kuat. Namun, peringkat tersebut sebagian dibatasi persaingan ketat di tengah kondisi makroekonomi menantang. 

Peringkat dapat diturunkan kalau terjadi pelemahan substansial dari segi dukungan pemegang saham pengendali, dapat diindikasikan dari penurunan porsi kepemilikan pemerintah secara signifikan atau tidak adanya dukungan bersifat segera dari pemerintah saat kinerja usaha BNI mengalami pemburukan. 

BNI menyediakan jasa perbankan komprehensif, termasuk perbankan korporasi, komersial, konsumer, internasional, dan treasuri. BNI juga menyediakan jasa keuangan lainnya melalui anak-anak perusahaan bidang pembiayaan, asuransi, dan sekuritas. Pemegang saham BNI terdiri dari Pemerintah Republik Indonesia 60 persen, dan masyarakat 40 persen. (*)