EmitenNews.com - Survei Konsumen Bank Indonesia pada Oktober 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2022 sebesar 120,3.


IKK bulan Oktober 2022 ini lebih tinggi dibandingkan 117,2 pada bulan sebelumnya. Selain itu, menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, secara konsisten tetap berada di zona optimis (IKK>100). "Kenaikan IKK terpantau pada seluruh kategori pengeluaran, kelompok usia, serta kategori pendidikan responden," papar Erwin dalam keterangan persnya Selasa (8/11).


Erwin menyebut meningkatnya optimisme konsumen pada Oktober 2022 didorong oleh peningkatan keyakinan konsumen, baik terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan.


"Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) terindikasi meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, terutama pada indeks pembelian durable goods," jelas dia. Sementara dari sisi Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK), peningkatan terutama terjadi pada ekspektasi kegiatan usaha.(fj)