EmitenNews.com - PT Pan Brothers Tbk (PBRX) dan Grup bekerja sama dengan PT Xurya Daya Indonesia - pionir instalasi PLTS Atap tanpa investasi - telah memulai secara mandiri melakukan instalasi solar panel tahap pertama dan berencana untuk menyelesaikannya pada kuartal ke-4 tahun 2021 ini dengan kapasitas sampai 2,554 kWp (kilowattpeak) di 4 pabrik Perseroan yaitu 2 pabrik di Boyolali, 1 pabrik di Sragen dan 1 pabrik di Cikande, dari instalasi solar panel ini diharapkan Perseroan dan grup dapat mereduksi kurang lebih 63 juta kg karbon emisi (CO2e) per 30 tahun atau 2.1 juta per tahunnya.

 

Program ini akan dilanjutkan dengan instalasi tahap kedua yang rencananya akan dilakukan pada kuartal pertama tahun 2022 terhadap 5 pabrik lainnya di Tangerang, Sragen, Klego dan Sambi yang diperkirakan akan memberikan hasil yang sama seperti pada tahap pertama. Saat ini PT Prima Sejati Sejahtera (salah satu anak usaha PT Pan Brothers Tbk) telah mengoperasikan solar panel fase 1 pada tahap pertama yang berlokasi di Boyolali dengan kapasitas 368 kWp.

 

Anne Patricia Sutanto, Vice CEO PT Pan Brothers Tbk & Grup mengatakan bahwa Inisiatif tersebut merupakan salah satu komitmen Perseroan dan Grup untuk menjadi Pioneer dalam mendukung program pemerintah sehubungan dengan sustainability dan program untuk mencapai "Net-Zero Emission. pada tahun 2060. Perseroan dan Grup juga berkomitmen untuk mengurangi separuh emisi gas rumah kaca (GRK) pada tahun 2030 melalui beberapa proyek seperti instalasi solar panel, peningkatan sumber energi terbarukan (renewable energy), proyek "Zero Waste Management",ekonomi sirkuler, dan teknologi yang hemat energi.

 

Reduksi emisi gas rumah kaca (GRK) untuk meminimalkan dampak dari risiko perubahan iklim dan pemanasan global menjadi sangat penting untuk keberlanjutan kehidupan. Mengingat keterbatasan sumber daya alam dan kebutuhan masa depan masyarakat, Pan Brothers dan Grup turut bertanggung jawab untuk menjalankan bisnisnya secara berkelanjutan dan meminimalisir dampak negatif pada ekosistem dan masyarakat global. Solar panel adalah salah satu pilihan energi alternatif yang dapat menjadi solusi untuk Indonesia sekarang ini, Indonesia kaya dan berlimpah terhadap energi surya. Potensi ini dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Perseroan dengan memaksimalkan penggunaan solar panel di seluruh fasilitasnya.

 

Sudah sepatutnya kita semua mendukung terwujudnya lingkungan yang bersih dan bebas dari polusi. Sejalan dengan hal itu, George Hadi Santoso, VP Marketing Xurya Daya Indonesia juga mengatakan "Kami sangat mengapresiasi komitmen PT Pan Brothers Tbk untuk beralih ke energi terbarukan melalui instalasi PLTS Atap di seluruh fasilitasnya. Kami berharap lebih banyak perusahaan di Indonesia yang mengikuti jejak PT Pan Brothers Tbk. Untuk membantu mengurangi pemanasan global dalam membangun masa depan yang lebih baik buat Indonesia"..

 

Pada tanggal 30 November 2021 lalu, Pan Brothers yang diwakili oleh  Anne Patricia Sutanto, Vice President Director Perseroan menghadiri acara Indonesia German Renewable Energy Day (RE -Day) 2021, dengan tema "Power to the Islands! Making Indonesia the Global Leader in Decentralised Power Generation and Green Energy Innovation. di Ballroom Hotel Pullman Jakarta. Dalam acara tersebut, Pan Brothers dan Grup ikut menandatangani Pledge Programme dan berkomitmen untuk memanfaatkan setidaknya 31% sumber energi terbarukan di seluruh 21 entitas kami pada tahun 2030 dengan berinvestasi pada energi terbarukan dan teknologi hemat energi.

 

Pledge Programm adalah salah satu program unggulan dimana perusahaan-perusahaan yang sudah atau berencana untuk menerapkan energi terbarukan, dapat mendeklarasikan komitmen mereka dalam menggunakan energi terbarukan sebagai bagian dari strategi pengembangan rendah karbon perusahaan tersebut. Acara Indonesia German Renewable Energy Day (RE -Day) 2021 tersebut juga dihadiri oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Kedutaan Besar Republik Federal Jerman yang mewakili Kementerian Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan.

 

Sebagai bukti nyata atas komitmen keberlanjutan yang telah dilaksanakan, pada hari yang sama Pan Brothers dan Grup juga menerima Penghargaan Industri Hijau yang diberikan secara langsung oleh Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian Republik Indonesia di Gedung Kementerian Peindustrian Jakarta. Penghargaan Industri Hijau merupakan apresiasi yang diberikan pemerintah terhadap industri yang telah menerapkan prinsip-prinsip industri hijau dengan memperhatikan teknologi proses yang ramah lingkungan.

 

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk insentif non fiskal bagi perusahaan industri manufaktur yang telah melakukan upaya yang signifikan dalam efisiensi penggunaan sumber daya material, energi dan air. Pan Brothers dan Grup berhasil memboyong 4 penghargaan Indutri Hijau level 5 yang merupakan Level tertinggi yang diberikan kepada PT Pan Brothers Tbk - Boyolali, PT Pan Brothers Tbk - Sragen, PT Pancaprima Ekabrothers dan PT Prima Sejati Sejahtera. Sementara anak usaha Perseroan yang lain yaitu PT Ocean Asia Industry, PT Eco Smart Garment Indonesia-Sambi, PT Eco Laundry Hijau Indonesia mendapatkan penghargaan Indistri Hijau Level-4 dan PT Theodore Pan Garmindo - Tasikmalaya, PT Eco Smart Garment Indonesia - Klego mendapatkan Penghargaan Industri Hijau level 3.