EmitenNews.com - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) mengantongi score 85,05 assessment Good Corporate Governance (GCG) 2022. Sebagai Subholding Upstream Pertamina, skor yang diperoleh PHE masuk kategori sangat baik. Itu berdasar pengumuman dalam Exit Meeting Assessment GCG di Jakarta, Senin (29/5). 


Assessment GCG merupakan salah satu usaha PHE dalam mengevaluasi, melakukan, penilaian terhadap seberapa besar implementasi tata kelola perusahaan secara baik dalam proses bisnis perusahaan, dan usaha mencari aspek maupun proses yang butuh perbaikan guna mendongkrak, dan mempertahankan tata kelola perusahaan dengan baik.


Hadir dalam kegiatan itu, Komisaris Utama PHE Rinaldi Firmansyah, Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PHE Oto Gurnita, dan Direktur Pengawasan Badan Usaha Energi dan Pertambangan BPKP selaku auditor, Susilo Widhyantoro. Manajemen PHE mengapresiasi seluruh dukungan, dan upaya terbaik tim BPKP sehingga assessment GCG PHE tahun buku 2022 terlaksana dengan lancar.


”Apresiasi setinggi-tingginya juga saya sampaikan kepada seluruh perwira dan tim PHE yang menjadi tim pendampingan assessment GCG PHE tahun buku 2022 atas komitmen, kerja keras dalam mendukung, dan menyukseskan pelaksanaan assesment GCG," tutur Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PHE Oto Gurnita.


Direktur Pengawasan Badan Usaha Energi dan Pertambangan BPKP Susilo Widhyantoro, mengungkapkan assessment GCG tanggung jawab  bersama. ”GCG merupakan benteng pertahanan perlindungan diri masing-masing selain untuk perusahaan, dan menjadi tanggung jawab kita bersama," tegas Susilo


Rinaldi Firmansyah Komisaris Utama PHE juga mengapresiasi seluruh elemen atas capaian penilaian sangat baik dalam assesment GCG tahun buku 2022. "Semoga PHE menjadi perusahaan yang menerapkan GCG secara berkelanjutan. PHE terus bertransformasi, tentu dinamika dan tantangan kita jalani bersama untuk menjadi lebih baik dari segi safety, operasional dan tata kelola,” ucapnya. 


PHE terus berkomitmen menjaga praktik bisnis sesuai jalur tren investasi berkelanjutan alias environmental, social and governance (ESG) juga aspek safety. PHE telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) sebagai partisipan/member sejak Juni 2022. PHE berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles UNGC dalam strategi, dan operasional, sebagai bagian penerapan aspek ESG. 


PHE akan terus mengembangkan pengelolaan operasi dalam, dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang Environmental Friendly, Socially Responsible, dan Good Governance. (*)