EmitenNews.com - TBS Energi Utama (TOBA) menuntaskan akuisisi 100 persen saham Asia Medical Enviro Service Pte Ltd. Pencaplokan 19.991.917 saham Asia Medical itu, dilakukan melalui anak usaha perseroan yaitu Taonga Holdings Pte Ltd. Transaksi itu, telah dibereskan pada 28 Agustus 2023.


Di mana, saham Asia Medical dibeli oleh Taonga Holdings dari Asia Enviro Service Ltd. ”Nah, dalam aksi tersebut, TBS Utama bertindak sebagai penjamin pembeli. Perseroan menjamin pelaksanaan kewajiban pembeli kepada penjual,” tulis Dicky Yordan, Direktur Utama TBS Utama. 


Taonga Holdings, sebagai pembeli merupakan perusahaan dengan kepemilikan saham 100 persen dimiliki perseroan. Transaksi pembelian yang melibatkan Taonga Holdings sebagai pembeli, dan Asia Enviro Service sebagai penjual, tidak ada hubungan afiliasi. 


Pelaksanaan transaksi tersebut tidak akan mempengaruhi kegiatan operasional, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan. Tindakan perseroan dalam transaksi itu, salah satu usaha secara group untuk pengembangan usaha dalam sektor kegiatan ramah lingkungan.


”Itu sejalan dengan tujuan untuk mencapai target netralitas karbon pada 20230. Secara jangka panjang, pelaksanaan transaksi akan memperkuat kondisi keuangan perseroan,” tambah Dicky. (*)