EmitenNews.com - BUMN Holding Pertambangan, Aneka Tambang alias Antam (ANTM) menyabet indonesia Excellence Good Corporate Governance Ethics in Responsible Natural Resources Management to Strengthen Mineral Downstreaming. Penghargaan itu, didapat dalam ajang Indonesia Excellence Good Corporate Governance (GCG) Awards 2024.

Produsen emas itu, mendapat award tersebut dalam kategori mining & energy. Penghargaan bertema GCG innovation for Better Implementation in Business Ethics and Sustainability itu, diberikan kepada perusahaan dengan kontribusi terbaik dalam penerapan GCG. Antam telah melakukan asesmen GCG tahunan sejak 2023. Itu sebagai bentuk kepatuhan, dan upaya meningkatkan kualitas tata kelola perusahaan. 

Asesmen itu, menghasilkan saran dan rekomendasi yang dipenuhi dalam upaya mengevaluasi, dan memaksimalkan praktik terbaik GCG Antam. Perusahaan menetapkan berbagai kebijakan GCG seperti pedoman tata kelola perusahaan, standar etika perusahaan, pedoman kebijakan manajemen risiko, pedoman audit internal, dan kebijakan lain sesuai bisnis Antam yang mendukung penerapan GCG secara konsisten, dan berkelanjutan. 

Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie mengaku sukses itu didapat berkat perseroan menjalankan praktik tata kelola perusahaan dengan baik. Implementasi GCG merupakan komitmen Antam dilaksanakan pada seluruh lini operasi. Oleh karena itu, Antam terus memperbaiki, dan meningkatkan praktik GCG dengan melakukan asesmen GCG secara rutin, baik oleh pihak independen, maupun secara mandiri.

Tidak kalah penting yaitu menjadikan prinsip-prinsip GCG sebagai landasan dalam menjalankan operasional perusahaan. Antam sadar implementasi prinsip GCG sangat krusial dalam praktik bisnis yang mengelola sumber daya alam dari hulu ke hilir untuk mencapai proses bisnis bersih, aman, dan berkelanjutan. ”Award ini sebagai motivasi dalam meningkatkan implementasi GCG Antam,” tegas Faisal. (*)