EmitenNews.com - Sektor properti merupakan salah satu segmen unggulan di Indonesia yang berkontribusi terhadap perputaran ekonomi Nasional melalui keterlibatan berbagai industri dalam bisnis tersebut sebagai subsektor industri pendukung lainnya. Mengutip data Bank Indonesia, peran penting sektor properti dibuktikan melalui kontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) pada kuartal kedua tahun 2022 yang mencapai 9,14% untuk konstruksi dan 2,47% untuk real estate.


Sebagai institusi bank yang memiliki peran terhadap pendukung tumbuh kembang kemajuan properti melalui penyaluran kredit kepemilikan rumah (KPR) PT Bank KB Bukopin, Tbk (BBKP), atau KB Bukopin saat ini telah bekerja sama dengan Sinarmas Land dalam memfasilitasi sekaligus  mempermudah pembiayaan kepemilikan rumah bagi masyarakat.


Melalui program Sinarmas Land yang bertajuk Smart Move, KB Bukopin bersama 18 bank lainnya turut memberikan kemudahan dengan kerja sama untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Pemilikan Tanah (KPT), dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA).


Program Smart Move merupakan inovasi dan layanan yang ditawarkan oleh Sinarmas Land kepada masyarakat untuk memberikan kemudahan dan keringanan bayar bagi konsumen melalui berbagai potongan biaya yang ditawarkan seperti, keringanan potongan harga properti hingga 18%, Cashback senilai 5.5%, dan tentunya subsidi bunga KPR hingga 6%. Melalui Smart Move Sinarmas Land optimistis dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan properti impiannya tanpa harus khawatir dengan adanya kenaikan suku bunga.


Dalam keterangannya Selasa (21/3/2023), President Director KB Bukopin, Woo Yeul Lee, menyampaikan bahwa keterlibatan KB Bukopin sebagai bank yang memfasilitasi program Smart Move merupakan bukti nyata terhadap eksistensi KB Bukopin dalam segmen KPR di Indonesia.


“Sebagai bank yang memilki salah satu fokus di segmen bisnis ritel, kami telah memiliki pengalaman cukup matang dalam penyaluran fasilitas pembiayaan KPR di Indonesia," ungkap Lee.


KB Bukopin selaku afiliasi subsidiari dari KB Kookmin Bank memiliki potensi cukup besar dalam segmen bisnis penyaluran fasilitas KPR. Hal tersebut dikarenakan terdapat kesamaan karakteristik antara KB Kookmin Bank dan KB Bukopin dari segi pangsa pasar di segmen ritel, khususnya properti.


“Dengan kesamaan karakteristik yang kami miliki dengan KB Kookmin Bank di bidang mortgage, kami melihat pasar tersebut memiliki potensi besar bagi pertumbuhan bisnis. Hal tersebut dapat didukung dengan transfer knowledge dari KB Kookmin Bank kepada KB Kookmin Bank dalam bidang bisnis mortgage” tutup President Director KB Bukopin, Woo Yeul Lee. ***