EmitenNews.com -Hingga kuartal III-2023, PT Era Digital Media Tbk (AWAN) membukukan laba bersih sebesar Rp328,24 juta. Angka itu merosot 95,51% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp7,32 miliar.

 

Di sisi lain, pendapatan perseroan tercatat sebesar Rp23,16 miliar, naik 7,02% dari sebelumnya sebesar Rp21,64 miliar. Secara rinci, pendapatan dari penyimpanan dan pengolahan data atau cloud naik sebesar 120% menjadi Rp9,1 miliar dari sebelumnya sebesar Rp4,1 miliar.

 

Kontributor pendapatan lainnya adalah konten SMS premium sebesar Rp12,1 miliar, serta pendapatan lainnya sebesar Rp1,9 miliar.

 

Direktur Utama AWAN Shanee P Harjani mengungkapkan, perseroan akan memproduksi beberapa produk baru, serta meluncurkan layanan cloud untuk penggunaan pribadi atau personal use.

 

Adapun produk baru tersebut akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun depan. "Kami juga ada kerja sama dengan Telkomsel, mulai dari dunia games sampai Maxstream. Jadi kerja sama dengan Telkomsel juga menjadi salah satu mesin pertumbuhan kami tahun depan," kata Shanee dalam paparan publik di Jakarta pada Rabu (8/11/2023).

 

Di samping itu, perseroan secara aktif menciptakan prospek bisnis baru dengan terlibat dalam kombinasi partisipasi acara dan inisiatif pemasaran digital strategis. Di mana, sepanjang tahun ini, AWAN juga telah berhasil berpartisipasi dalam beberapa acara penting, berkontribusi pada upaya generasi prospek.

 

Tak hanya itu, perseroan juga memiliki tujuan untuk memperluas operasi bisnis ke industri Software as a Service (SaaS) dalam tahun mendatang. Untuk mencapai hal ini, AWAN berencana untuk berkolaborasi dengan perusahaan SaaS yang berbasis di Indonesia.

 

Shanee melanjutkan, kemitraan strategis tersebut akan memungkinkan perseroan memanfaatkan keahlian dan sumber daya di sektor SaaS, memungkinkan perseroan memasuki pasar yang dinamis dan berkembang pesat ini dengan lebih efektif.

 

"Dengan bergabung dengan perusahaan SaaS Indonesia, tujuan kami adalah menciptakan solusi perangkat lunak inovatif dan memberikan layanan berharga kepada pelanggan kami," ujar Shanee.