EmitenNews.com - PT Pelita Samudera Shipping (PSSI) menyiapkan dana Rp63,90 miliar untuk pembelian kembali (buyback). Anggaran tersebut disediakan hingga batas waktu akhir periode buybackk pada 16 Juni 2022.  


Direktur Utama PT Pelita Samudera Shipping Iriawan Ibarat mengaku buyback didasari atas arus kas perseroan melebihi jumlah untuk mempertahankan peningkatan, pertumbuhan, tingkat kewajiban utang (leverage) baik, dan tujuan untuk meningkatkan laba per saham. ”Fleksibilitas lebih besar dalam mengelola modal jangka panjang, mencapai struktur permodalan efisien, dan pengembalian return on equity secara berkelanjutan,” tutur Iriawan.


Sekadar informasi, periode 17 Juni 2021 hingga 7 Desember 2021, perseroan telah membeli kembali saham perseroan sejumlah 109.677.800 dari total maksimal 300 juta lembar jumlah yang diizinkan untuk dibeli kembali, atau 5,5 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. 


Pada periode itu, harga rata rata pembelian kembali saham perseroan sebesar Rp329 per lembar dengan dana telah dikeluarkan sejumlah Rp36,09 miliar. Perseroan telah menetapkan harga maksimal per saham dibeli perseroan sebesar Rp500 per saham, dengan nilai maksimal total pembelian kembali Rp100 miliar. (*)