EmitenNews.com - Demi kehati-hatian dalam melakukan ekspansi bisnis, sepanjang 2022 berjalan PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) baru menyerap capital expenditure (capex) sebesar US$50 juta.


Dalam keterangan resminya, belum lama ini Direktur Utama SMDR, Bani Maulana Mulia menjelaskan perseroan memang baru menyerap anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) kurang dari US$50 juta dari target belanja modal sekitar US$130 juta - US$150 juta.


"Realisasi capex kami terus jaga berhati-hati, yang pasti proses akuisisi sejauh ini berjalan sangat positif sesuai rencana. Untuk revisi target saat ini masih dalam proses finalisasi, nanti akan kami umumkan," papar Bani.


Terkait penambahan armada, SMDR punya strategi untuk tetap bisa menambah armada tahun ini. "Strategi penambahan kapal kami jalankan secara hati-hati, kapal-kapal kontainer yang kami terima tahun ini adalah kapal-kapal yang sudah kami pesan sejak beberapa tahun yang lalu sehingga harganya sangat menguntungkan untuk kondisi saat ini," papar Bani.


Adapun tahun ini, SMDR sudah menerima 1 kapal tanker baru dan sudah beroperasi, 1 tanker lagi masih dalam proses, dan pada akhir tahun berencana menerima 2 kapal kontainer baru dari Jepang.


"Sedangkan kapal-kapal tanker yang kami beli tentu disesuaikan dengan kontrak-kontrak baru sehingga harganya sesuai juga dengan pendapatannya," jelas Bani.


Bani juga menambahkan bahwa proyeksi pendapatan hingga semester I/2022 sangat baik. "Estimasi saya pendapatan kuartal II/2022 akan melampaui pencapaian pendapatan pada kuartal I/2022," tambahnya.


Selain itu dari segi kinerja, SMDR juga sangat baik dibandingkan dengan tahun lalu, masih sejalan dan sesuai dengan rencana di tahun ini. Pada kuartal I/2022 SMDR mencatatkan pendapatan sebesar US$250,09 juta, bertumbuh hingga sekitar 48,88 persen dari tahun sebelumnya senilai US$127,83 juta.


Pendapatan mayoritas berasal dari jasa pelayaran dan keagenan senilai US$219,94 juta, selanjutnya disusul oleh pendapatan dari jasa logistik dan pelabuhan senilai US$33,54 juta, dan pendapatan lain-lain senilai US$2,82 juta. Dengan kinerja sepanjang kuartal I/2022, SMDR mencetak laba bersih senilai US$88,93 juta, naik 76,64 persen dari US$20,77 juta pada periode yang sama tahun lalu.