EmitenNews.com - Gunung Raja Paksi (GGRP) akan menjual saham Nusantara Baja Profil (NBP) USD319,26 juta. Transaksi divestasi 76,07 persen saham NBP tersebut setara Rp4,92 triliun dengan kurs tengah Bank Indonesia pada 31 Desember 2023 senilai Rp15.416 per dolar Amerika Serikat (USD).  

Lego 9.699.984 saham NBP tersebut dilepas kepada sejumlah investor strategis. Yaitu, antara lain Siam Yamato Steel Co. Ltd (SYS), Yamato Kogyo Co. Ltd (YKC), dan Hanwa Indonesia (Hanwa). Berdasar Share Sale Agreement (SSA), perseroan dan Gunung Garuda (GRD) bertindak sebagai penjual.

Transaksi tersebut dilandasi sejak awal 2020, perseroan telah memulai perjalanan transformasi untuk menjadi perusahaan baja kuat, dan berdaya saing tinggi. Berbagai kebijakan strategis telah berhasil diterapkan khususnya dalam hal transformasi manajemen, dan digital, penerapan strategi ESG, termasuk strategi transisi energi untuk mencapai dekarbonisasi.

Keberhasilan perseroan menjalankan transformasi itu, telah menarik minat investor-investor strategis untuk bekerja sama, dan berinvestasi di perseroan. Pada akhir 2023, perseroan telah melakukan penambahan penyertaan modal pada NBP. Di mana, saat ini perseroan mempunyai kepemilikan saham sebanyak 10.337.577 lembar. Investor-investor strategis akan melaksanakan investasi dengan mengambil alih 76,07 persen atau 9.699.984 saham NBP. 

Dengan pelaksanaan transaksi penjualan saham itu, kebutuhan investasi baik untuk produk baja lembaran, produk baja batangan dapat dibagi dengan, dan dilakukan investor-investor strategis. Perseroan meyakini produk baja lembaran memiliki potensi pertumbuhan besar di masa mendatang. Dengan penjualan saham itu, perseroan dapat fokus mengembangkan, dan investasi produk baja lembaran.

Nah, bergabungnya investor-investor strategis itu, perseroan meyakini dapat memperkuat daya saing khususnya dalam persaingan global, memperluas jaringan bisnis, dan pemasaran terhadap produk-produk perseroan. Selain itu, Perseroan juga dapat memperoleh kas atas penjualan saham NBP dapat digunakan untuk kepentingan perseroan, dan seluruh pemegang saham.

Untuk memuluskan rencana itu, perseroan akan mengadakan rapat umum pemegang saham luar biasa pada 2 Mei 2024 pukul 09.00 WIB. Rapat akan berlangsung di Jalan Perjuangan nomor 8 Kp Tangsi, Sukadanau, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Peserta berhak ambil bagian harus tercatat sebagai pemegang saham pada 4 April 2024. (*)