EmitenNews.com - Mudik Lebaran 2022 telah selesai. Polda Metro Jaya akan kembali menerapkan aturan ganjil-genap pada 13 ruas jalan Jakarta. Aturan itu kembali diterapkan seiring selesainya momen cuti bersama Lebaran Idul Fitri 2022. Aturan ganjil-genap sempat ditiadakan saat masa libur Lebaran. Ganjil-genap di Jakarta ditiadakan mulai 29 April hingga 8 Mei 2022.


"Gage tidak berlaku selama masa libur bersama Lebaran tanggal 29 April sampai 8 Mei 2022.Bersamaan dengan berakhirnya libur bersama nasional, besok ganjil-genap dalam kota mulai berlaku seperti biasa," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Minggu (8/5/2022).


Karena itu, Kombes Sambodo mengimbau masyarakat agar tidak terjebak jika ada oknum yang mengirimkan surat tilang ganjil-genap selama masa libur Lebaran. Khusus untuk program ganjil genapnya kita akan hentikan. Kalau ada yang terkirim surat diabaikan aja, karena Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional ganjil-genap tidak diberlakukan.


Sebelumnya, Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan ganjil-genap di 13 ruas jalan Jakarta tidak diberlakukan selama libur Lebaran. Syafrin mengatakan hal itu juga merujuk pada SK Kadishub Nomor 218/2022 tentang ganjil-genap. Dia mengatakan ganjil-genap akan diterapkan kembali per 9 Mei.


"Otomatis tanggal 9 ada pengaturan baru. Karena tanggal 9 sudah masuk kerja," ucapnya. ***