EmitenNews.com - Jajaran PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) siap melayani keberangkatan jamaah haji mulai Sabtu (4/6/2022) melalui lima bandara yang dikelola. Bandara yang ditetapkan menjadi embarkasi penerbangan haji adalah Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Bandara Minangkabau (Padang).

 

"Koordinasi telah dilakukan AP II bersama Kementerian Agama, Kantor Imigrasi, Bea dan Cukai, TNI dan Polri, AirNav Indonesia, serta maskapai agar keberangkatan jamaah haji ke Tanah Suci dapat dilakukan dengan baik, mulai dari asrama haji hingga ke bandara AP II," kata Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

 

Dalam keterangan yang ada disebutkan, lima bandara embarkasi haji tersebut akan melayani keberangkatan 41.713 orang jamaah calon haji dalam 106 kloter. Untuk itu, fasilitas bandara sudah siap, termasuk sisi udara dan keamanan

 

Bandara Soekarno-Hatta Jakarta menjadi bandara embarkasi dengan jumlah jamaah haji paling banyak yakni 29.221 orang dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Lampung yang tergabung dalam 73 kloter. Proses keberangkatan dilakukan sejak di Asrama Haji Pondok Gede, Asrama Haji Bekasi, dan Asrama Haji Lampung.

 

"Proses keberangkatan termasuk security check point untuk keberangkatan jamaah melalui Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dilakukan di asrama haji. Semua didukung perlengkapan, fasilitas dan personel AP II," ujar Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin. ***