EmitenNews.com -PEFINDO menetapkan peringkat "idA" untuk Obligasi Berkelanjutan II Tahun 2023 senilai sebesar-besarnya mencapai Rp7 triliun yang diterbitkan PT. Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry (LPPI). 67% dari surat utang tersebut akan digunakan untuk kebutuhan modal kerja Perusahaan dan sisanya untuk pembiayaan kembali utang yang akan jatuh tempo.

 

PEFINDO juga menetapkan peringkat "idA" untuk perusahaan dengan prospek "positif" yang mencerminkan pandangan kami bahwa profil keuangan LPPI akan membaik sejalan dengan proses pengurangan pinjaman dan ekspektasi kenaikan penjualan ekspor sehingga menghasilkan margin keuntungan yang lebih baik.

 

Peringkat Perusahaan mencerminkan posisi pasar LPPI yang kuat di industri bubur kertas dan tisu, bisnis yang terintegrasi dengan baik secara vertikal, serta manajemen operasi yang kuat.

 

Peringkat Perusahaan dibatasi oleh kebutuhan modal kerja yang tinggi serta risiko terkait volatilitas harga produk dan bahan baku.

 

Peringkat dapat dinaikkan apabila LPPI dapat mengurangi tingkat utangnya dan/ atau meningkatkan marjin profit sebagai hasil dari manajemen operasi yang lebih baik atau adanya peningkatan harga pulp, yang berdampak pada perbaikan rasio struktur permodalan dan proteksi arus kas Perusahaan secara berkelanjutan.

 

Prospek dapat direvisi kembali menjadi stabil tanpa diikuti kenaikan peringkat jika pendapatan dan/atau marjin laba Perusahaan menurun secara signifikan, atau jika Perusahaan menambah utang baru yang jauh lebih besar dari yang diproyeksikan tanpa dikompensasi oleh kondisi usaha yang lebih baik.

 

LPPI adalah produsen pulp dan tisu yang merupakan anggota grup Asia Pulp and Paper (APP), produsen produk pulp dan kertas terkemuka di pasar global. Beroperasi sejak tahun 1976, LPPI adalah anak perusahaan dari PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, yang memegang peran penting dalam produksi kertas dan tisu di Indonesia.

 

LPPI memiliki fasilitas produksi di Tebing Tinggi di Jambi, Sumatera. Per 31 Desember 2022, 99,92% saham LPPI dimiliki oleh PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, yang juga merupakan bagian dari grup APP.