EmitenNews.com—PT Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) menyatakan telah menyiapkan dana untuk pelunasan obligasi yang akan jatuh tempo.


Berdasarkan keterangan manajemen dalam keterbukaan informasi publik BEI, PSAB akan melunasi dua utang obligasi yang jatuh tempo pada awal November 2022 mendatang.


Obligasi pertama yaitu Obligasi Berkelanjutan I J Resources Asia Pasifik Tahap VI Seri A Tahun 2020 sebesar Rp252,17 miliar yang akan jatuh tempo pada tanggal 7 November 2022 (Obligasi Tahap VI Seri A). Selanjutnya Obligasi Berkelanjutan I J Resources Asia Pasifik Tahap VII Tahun 2021 sebesar Rp257,26 miliar yang akan jatuh tempo pada tanggal 6 November 2022 (Obligasi Tahap VII).


"Bersama ini kami sampaikan bahwa perseroan telah menyediakan dana untuk melunasi Obligasi Tahap VI Seri A dan Obligasi Tahap VII tersebut," demikian laporan manajemen, Senin (17/10).


Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyematkan rating idBBB+ J Resources Asia Pasifik (PSAB) dengan prospek stabil. Selain itu, Pefindo juga menegaskan peringkat idBBB+ obligasi berkelanjutan I J Resources. 


Peringkat itu, merefleksikan sumber daya dan cadangan tambang perusahaan cukup besar, ekspektasi terhadap biaya tunai produksi rendah proyek baru, dan permintaan emas tinggi. Namun, peringkat itu dibatasi struktur permodalan perusahaan agresif, eksposur terhadap fluktuasi harga emas, dan risiko pengembangan tambang belum menghasilkan.