EmitenNews.com - PT Berlina (BRNA) akan menggelar rights issue 244.777.500 lembar saham bernominal Rp50 per lembar. Hajatan berskema penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD), dalam rentang satu tahun sejak persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 4 Mei 2021 dan pernyataan efektif Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Bagi pemegang saham ingin mengikuti RUPSLB, harus memastikan tercatat dalam daftar pemegang saham pukul 16.00 JATS tanggal 9 April 2021. Berdasar rencana, dana hasil rights issue untuk melunasi pinjaman, belanja modal, dan modal kerja. 


Pinjaman bank jatuh tempo dalam satu tahun berdasar laporan keuangan kuartal III 2020 tercatat Rp207,74 miliar. Sehingga perseroan menilai rencana right issue akan berpengaruh positif terhadap kondisi keuangan konsolidasi dan anak usaha. Jelasnya, akan memperbaiki struktur permodalan dengan adanya penurunan pinjaman. 


Meningkatkan aset tetap dengan belanja modal, dan menambah kas untuk keperluan modal kerja. Namun, bagi pemegang saham tidak melaksanakan HMETD akan terdilusi porsi kepemilikan saham sebanyak 20 persen. (Rizki)