EmitenNews.com—Kinerja PT Hero Supermarket Tbk (HERO) mengalami perbaikan hingga kuartal III 2022. Meski, perusahaan masih mencatatkan rugi. Dalam paparan yang disajikan, perusahaan mencatat rugi bersih Rp 85 miliar pada kuartal III 2022. Rugi ini menyusut sebanyak 88% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal III 2021, rugi bersih Hero tercatat sebesar Rp 747,4 miliar.


"Setelah selama 2 tahun terus beradaptasi dengan pandemi COVID-19 PT Hero telah berhasil pulih sepenuhnya dengan pertumbuhan signifikan pada semua lapisan usahanya. Salah satu faktornya adalah pelonggaran pembatasan terkait COVID, khususnya pada kuartal II tahun ini," kata Direktur Hero Supermarket Alfredo Chandra dalam keterangannya, Senin (5/12/2022).


Pendapatan bersih perusahaan tercatat Rp 3,23 triliun. Raihan tersebut tumbuh sebanyak 30% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Kemudian, laba kotor sebesar Rp 1,33 triliun atau tumbuh 36%. Sementara, dari sisi pengeluaran tercatat Rp 1,42 triliun atau tumbuh 17%.


Alfredo melanjutkan, ada tiga faktor yang menopang kinerja perusahaan. Sebutnya, peningkatan margin karena kontribusi dari IKEA dan Guardian. Kedua, pengendalian biaya yang dilakukan perusahaan. "Ketiga kontribusi dari penjualan aset," imbuhnya.


HERO Group juga menjelaskan bahwa mereka berfokus dalam meningkatkan aksesibilitas seluruh lini bisnisnya untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan jangka panjang perusahaan dan memastikan lebih banyak masyarakat Indonesia bisa menikmati produk mereka.


"Namun yang lebih menggembirakan lagi adalah melihat masyarakat kembali bisa berbelanja langsung di berbagai toko HERO Group dan merasakan pengalaman berbelanja menyenangkan. Itulah mengapa prioritas utama kami ingin menjadi lebih terjangkau untuk masyarakat, supaya mereka dapat mencoba produk eksklusif kami dan meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari mereka," tutup Patrik.


Sekadar informasi, pada tahun ini IKEA selaku lini bisnis Hero Group membuka dua toko baru. Selain itu, Guardian juga terus membuka lebih banyak toko di tahun ini dan berencana untuk menawarkan produknya melalui e-commerce guna memenuhi keperluan produk kesehatan dan kecantikan konsumen.


Selama sembilan bulan pertama tahun 2022, Guardian mencatatkan pertumbuhan dua digit pada penjualan selama periode tersebut. IKEA juga telah mengalami peningkatan penjualan di kuartal ketiga.


Kemudian, Hero Supermarket juga melaporkan adanya pertumbuhan penjualan yang solid untuk sembilan bulan pertama tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pelonggaran pembatasan terkait COVID-19 dan kembali normalnya aktivitas masyarakat, Perseroan tetap optimis untuk sisa tahun ini.