EmitenNews.com - PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) mengumumkan pembukaan gerai terbaru di AEON Deltamas, Cikarang, gerai ini menjadi gerai pertama perusahaan ini pada tahun 2024. 

Mengenai hal tersebut, CEO LPPF, Monish Mansukhani, menjelaskan bahwa gerai terbaru perusahaan ini mengusung konsep shop-in-shop, di mana setiap merek memiliki area eksklusifnya sendiri.

Gerai tersebut menawarkan puluhan merek terpilih, termasuk beberapa merek ternama seperti Nike, Cole Haan, Disney, Nevada, dan SUKO. 

"Kami sangat gembira bisa memperkenalkan lokasi gerai terbaru kami di AEON Deltamas," ujar Monish dalam keterangan resminya, dikutip Senin (25/3/2024).

Dengan luas mencapai 5.788 meter persegi, gerai Matahari di AEON Deltamas juga memberdayakan sekitar 70% tenaga kerja dari penduduk lokal. AEON Deltamas sendiri terletak di pusat Kota Deltamas, Cikarang, Bekasi, dan merupakan mal AEON terbesar di Asia Tenggara. 

Kota Deltamas juga menjanjikan pertumbuhan ekonomi yang signifikan, yang akan semakin meningkatkan daya tarik Matahari AEON Deltamas sebagai tujuan utama belanja masyarakat.

Berdasarkan laporan kinerja, pada tahun 2023, perusahaan mencatat laba bersih sebesar Rp675 miliar, sementara penjualan akhir tahun mencapai Rp12,6 triliun. Penjualan dipengaruhi oleh penurunan selama periode Lebaran dan pemulihan yang lambat di beberapa mal, menyebabkan kelebihan persediaan yang belum terjual.

Tahun 2024 ini, perusahaan berencana membuka 4-6 gerai baru, dengan fokus pada peremajaan toko yang berdampak tinggi. Mereka juga mengidentifikasi 29 toko yang perlu direnovasi dan ditinjau kembali untuk sewa, serta mempertimbangkan penutupan 10 gerai sepanjang tahun ini.